Peredaran 2,4 Ton Mi Formalin di Palembang

144 views

NTMC POLRI – Kedapatan melakukan produksi mi berformalin, seorang pengusaha mi di Palembang, Frengki diciduk┬áDit Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan.

Tersangka yang merupakan produsen ini ditangkap di pabrikan mi Padang Selasa, Kambang Iwak, Kota Palembang. Frengki disebut sebagai pemilik usaha dan sudah sejak 5 tahun lalu beroperasi.

“Pengungkapan ini berkaitan pangan, jadi hasil ungkap kami ditemukan mi formalin. Ada 2,4 ton mi mengandung formalin kita amankan,” tegas Dir Reskrimsus, Kombes Zulkarnain, Selasa (10/12/2019).

Selain mi mengandung formalin, penyidik turut menemukan 19 liter formalin dalam jeriken. Mi itu sendiri disebut diedarkan khusus di wilayah Banyuasin, Betung, OKI dan Prabumulih.

“Mi formalin diproduksi khusus untuk mi celor, mie ayam dan mi rujak. Jadi mi ini berbahaya jika beredar di pasaran,” tegas Zulkarnain.

Sementara itu, penyidik PPNS Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Palembang, Aria Nofrizal mengatakan jika dilihat secara kasat mata tak dapat dilihat. Namun mi formalin akan lebih tahan lama.

Atas perbuatanya, pelaku kini ditahan di Mapolda Sumsel. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat UU Pangan dengan ancaman 5 tahun penjara.

author