Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik

64 views

NTMCPOLRI – Polri meminta sebagian warga Ibu Kota Jakarta yang hendak akan melakukan mudik untuk memerhatikan berbagai hal agar berjalan aman, selamat, nyaman, dan tidak merugikan orang atau pihak lain.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kesehatan fisik pengemudi hingga penumpang roda dua.

Kedua kemudian berkaitan dengan kelengkapan kendaraan, baik roda dua maupun empat. Komponen keselamatan berkendara dan kelengkapan kendaraan harap dilengkapi.

Pemudik juga dihimbau melakukan cek fisik serta mesin kendaraan (servis) kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Hindari modifikasi kendaraan di luar ketentuan standar.

Dengan contoh modifikasi antara kain merubah ban ukuran kecil hingga menambahkan kayu memanjang ke belakang dengan maksud sebagai tempat membawa barang-barang bawaan. Tentunya itu sangat berbahaya.

Bagi pemudik sepeda motor sangat disarankan tidak memaksakan kehendak bermudik dengan motor. Sepeda motor pemudik dihimbau dikirim melalui pos jika memang ingin dipakai di kampung halaman.

Terakhir, masyarakat yang akan pulang kampung dan meninggalkan seisi rumah harap perhatikan selang penghubung antara kompor dan tabung gas. Sebaiknya kondisi harus dibuka atau dilepas agar tak membahayakan ketika rumah di luar pengawasan langsung.

Selanjutnya pastikan memutus atau matikan komponen elektronik yang masih tersambung dengan sumber aliran listrik. Pastikan semua keadaan lepas atau mati.

Yang terpenting titipkan rumah ke tetangga maupun petugas keamanan di sekitar rumah. Kalau ada satpam, sampaikan kapan anda pergi dan kapan kembali.

Semoga semua lancar dan selamat sampai tujuan. Mudik Aman dan Selamat, nyaman dalam perjalanan.

author