Persiapan Arus Mudik 2017, Kakorlantas Minta Agar Ada Penambahan Exit Tol

NTMC POLRI – Pantauan langsung kesiapan jalur mudik 2017 yang dilakukan kembali oleh kakorlantas polri Irjen Pol Royke Lumowa bersama instansi terkait Jasa Raharja, Dinas Perhubungan  dan Pekerjaan Umum, pantauan telah dilaksanakan sejak pagi tadi, rabu, (03/05/2017) dan rencananya akan berlangsung hingga 3 hari kedepan, sabtu, (06/05/2017).]

Dalam pantauannya Royke menjelaskan yang akan diwaspadai adalah pintu-pintu keluar tol. Antisipasi akan dilakukan, agar menghindari tragedi Brebes Exit yang terjadi pada musim mudik tahun lalu. Beliau juga  berharap ada penambahan exit tol, walau pun hanya sementara,  dengan banyaknya exit tol akan lebih membantu mengurai kepadatan arus lalu lintas di dalam tol bila terjadi kepadatan.

WhatsApp Image 2017-05-03 at 19.38.14

“Untuk pengembang proyek tol Brebes-Pejagan saya berharap agar melakukakan penambahan pintu keluar tol, walaupun ini sifatnya sementara,” Ujar Royke.

Kakorlantas Polri juga telah menginstruksikan seluruh jajarannya untuk mengecek langsung kesiapan angkutan selama Lebaran 2017 dan  agar dapat lebih cepat mengurai dan menentukan rekayasa lalu lintas. Upaya itu agar koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait bisa berjalan maksimal dalam menghadapi musim mudik Lebaran tahun ini.Personil gabungan harus dapat menghitung jumlah volume kendaraan yang masuk, agar tidak terjadi penumpukan dan antrian panjang.

“Koordinasi harus dijaga, dan sebelum terjadi antrian panjang harus sudah bisa mengambil tindakan, jangan menunggu ada antrian panjang baru bertindak. Namun harus pintar dalam merencanakan tindakan kamseltibcarlantas,” imbau Royke.

Besok rencananya Kakorlantas beserta rombongan akan melanjutkan survei dengan rute Semarang – Bawean hingga Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan guna mencegah terjadinya kemacetan saat arus mudik lebaran 2017.

author