Personel Tim Evakuasi WNI di Pesiar Diamond Princess Diberangkatkan

NTMCPOLRI – Pemerintah memutuskan untuk mengevakuasi 68 WNI yang masih berada di Kapal Pesiar Diamond Princess, Yokohama, Jepang. Kapal itu terpapar virus corona yang menjangkiti 689 penumpang, 9 di antaranya WNI anak buah kapal.

Pelepasan tim evakuasi dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (28/2). Menlu Retno Tri Marsudi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis memimpin langsung pelepasan tim evakuasi.

Diketahui, tim evakuasi akan diberangkatkan pakai Pesawat Garuda Indonesia pukul 16.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Haneda, Jepang, Sabtu, 29 Februari pukul 01.00 waktu setempat.

“Untuk ibu, bapak, yang akan menjemput WNI kita di Yokohama, saya sampaikan sekali lagi tugas ibu bapak adalah tugas kemanusiaan yang mulia,” tutur Retno.

“Saya hanya ingin berpesan agar kita harus menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan secara disiplin, menjaga orang lain dan diri sendiri,” sambungnya.

Retno menjelaskan, sebetulnya ada 78 WNI yang berada di Diamond Princess. Namun sembilan di antaranya positif virus corona dan tengah menjalani perawatan di RS di Jepang. Satu WNI berhasil sembuh.

“Sementara itu, dua warga negara Indonesia kru dari diamond princess mengatakan ingin melanjutkan pekerjaan sehingga memutuskan tidak ikut pulang bersama 68 WNI kita,” pungkasnya.

Total ada 691 penumpang di Diamond Princess yang terjangkit corona. Sementara empat lainnya meninggal dunia.

author