Perwira Remaja Lulusan Akpol TA.2020 Menerima Arahan Kapolda dan Wakapolda Kalsel

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menerima kedatangan Perwira Remaja lulusan Akpol Tahun Anggaran 2020 Batalyon Adnyana Yuddhaga yang ditempatkan di Polda Kalsel, Senin (3/8/2020) pukul 17.30 Wita.

Kedatangan para Perwira Remaja lulusan Akpol tersebut disambut langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. didampingi Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. dan Kabag Binkar Ro SDM Polda Kalsel AKBP Kelana Jaya, S.I.K., M.H. bertempat di Ruang Kerja Kapolda Kalsel.

Pada kesempatan itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. mengucapkan selamat datang kepada Perwira Remaja lulusan Akpol dan menyampaikan bahwa nantinya para Perwira Remaja lulusan Akpol akan ditempatkan di Operasional untuk dapat menempa diri dengan bidang ilmu yang sudah didapatkan saat pendidikan menjadi anggota Kepolisian.

“Kalian akan dihadapkan dengan 3 Lingkungan yakni pertama adalah Lingkungan Kerja dimana dalam lingkungan ini ada perilaku organisasi, apabila diberi tanggung jawab tentunya ada TWT (Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab),” tutur Kapolda Kalsel.

Kedua lanjut Kapolda Kalsel, Lingkungan Keluarga dimana lingkungan ini adalah tempat tinggalmu dan terakhir adalah Lingkungan Agama yang mana disini banyak Tokoh Agama. Ketiga lingkungan ini nanti akan banyak berpengaruhi terhadap para Perwira Remaja lulusan Akpol TA.2020.

Untuk itu menurut Kapolda Kalsel, ilmu pengetahuan yang dimiliki para lulusan Akpol ini akan sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan yang akan dihadapi dalam berdinas. “Kalian akan bisa mengembangkan diri sama dengan kalian akan mengembangkan ilmu kalian,” ucap Kapolda Kalsel.

Kapolda Kalsel mengatakan kunci dari kesuksesan para Perwira Remaja kedepannya adalah mampu mengendalikan pikiran, perasaan dan perbuatan diri sendiri.

Para Perwira Remaja lulusan Akpol TA.2020 ini pun diingatkan oleh Kapolda Kalsel bahwa didalam melaksanakan tugas Komunikasi adalah hal yang paling penting. Sebab kemampuan mengkomunikasikan diri dengan orang lain itu akan dapat menggambarkan dirimu dan itu akan mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri kalian dalam bertugas.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Wakapolda Kalsel Brigjen Pol. Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. menuturkan dalam melaksanakan tugas Kita harus selalu waspada dan memiliki informasi, untuk itu para Perwira Remaja harus memperbanyak informasi dengan cara-cara pulbaket baik itu informasi positif maupun negatif.

Implementasi dalam bertugas pun harus diterapkan ketika akan mengambil keputusan, untuk itu Kita harus punya informasi yang cukup guna dipadukan dengan ilmu yang yang dimiliki sehingga dapat menganalisa informasi yang ada dan dapat mengambil keputusan yang tepat.

author