Pesan Presiden RI Pada Rapim Kemenhan TNI-POLRI 2020

167 views

NTMCPOLRI – Mengusung tema ‘Pertahanan Semesta Yang Kuat Menjamin Kelangsungan Hidup NKRI’, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menggelar rapat tingkat pimpinan (Rapim) TNI-POLRI di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Perlu diketahui, ini merupakan rapim pertama Kementerian Pertahanan di bawah komando Prabowo Subianto, semenjak ia menjabat pada Oktober 2019. Rapim ini berlangsung selama dua hari, sejak kemarin Rabu 22 Januari dan akan berakhir hari ini Kamis 23 Januari 2020.

Presiden RI Joko Widodo yang berkesempatan hadir didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menkopolhukam Mahfud MD memberikan arahan kepada segenap pimpinan dan peserta undangan rapim.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan kedaulatan negara tak bisa ditawar atau dinegosiasikan. Dia memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI dan Polri untuk bekerja keras dalam memperkuat dan menjaga kedaulatan negara. “Pagi hari ini saya perintahkan, kepada seluruh jajaran TNI Polri, harus bekerja, bersungguh-sungguh dalam rangka memperkuat dan menjaga kedaulatan negara kita Indonesia, untuk berdiri paling depan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” kata Jokowi di Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1/2020).

Jokowi juga mengingatkan pentingnya kemampuan mengatasi ancaman yang kompleks dan berimplikasi terhadap pertahanan negara. Misalnya konflik internal, perang asimetrik, gerilya, perang proxy, perang hybrid yang menggabungkan strategi militer nonmiliter serta konvensional dan nonkonvesional.

“Ke depan tantangan kita semakin berat. Tantangan besar pertama adalah semakin luasnya spektrum konflik di berbagai belahan dunia,” ucap Jokowi.

Melihat tantangan ke depan semakin besar, Jokowi menginginkan diplomasi antarnegara terus diperkuat. Di samping itu, alat pertahanan harus dipersiapkan semakin matang untuk menegakkan kedaulatan di kawasan Indonesia. “Harus siap persenjataan untuk melakukan penegakkan hukum di wilayah kita,” kata Jokowi.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju,
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pimpinan dan pejabat negara, wakil menteri pertahanan, pejabat Kemenhan, sekjen Kemenhan, hingga pejabat tinggi Polri maupun TNI, Kapolda dan Pangdam se-Indonesia turut hadir.

Diketahui, peserta rapim berjumlah 534 peserta. Dalam rapim ini akan dilakukan penyerahan naskah kebijakan pertahanan negara dan amanat anggaran 2020, serta menerima pembekalan dari sejumlah Menteri.

“Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden RI, atas kehormatannya langsung menghadiri rapim. Kehadiran presiden cukup membangkitkan semangat moril seluruh TNI-POLRI. Kita harus bersatu untuk menjaga kedaulatan negara,” ucap Menhan Prabowo Subianto.

author