Petugas Halau Seratusan Pemudik yang Hendak Masuk Depok

101 views

NTMC POLRI – Selama dua hari terakhir Kamis (28/5) dan Jumat (29/5), petugas patroli gabungan untuk mencegah arus balik pemudik yang kembali ke Depok, Jawa Barat telah menghalau seratusan pemudik.

“Kalau untuk penumpangnya ada sekitar seratusan,” kata Kasat Lantas Depok Kompol Erwin Aras Genda, Sabtu (30/5/2020).

Erwin mengatakan, para pemudik yang kembali ke Depok itu dipulangkan ke arah Bogor dengan angkutan umum. Mereka dipulangkan karena tidak mengantongi surat izin keluar -masuk (SIKM).

“Ada beberapa yang memenuhi persyaratan, seperti SIKM kita loloskan, karena kan peraturannya seperti itu,” tambahnya.

Erwin menambahkan, seratusan pemudik itu datang ke Depok dengan menggunakan mobil travel. Mereka datang dari Kuningan, Jawa Barat.

“Untuk sopir angkutan kita tilang sesuai Pasal 308 jo 173 Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena tidak memiliki izin trayek mengangkut penumpang,” jelasnya.

Depok sendiri memiliki 20 pos check point untuk mengawasi arus balik dan juga penerapan PSBB. Pengawasan arus balik diperketat lagi dengan adanya patroli biru yang merupakan patroli gabungan Satlantas Depok, Dishub Depok dan Satpol PP Kota Depok, di titik-titik perbatasan Depok dengan Bogor dan Jakarta.

author