Polda Babel Sidak Tiga Pabrik Arak

31 views

NTMC POLRI – Kepolisian Daerah Bangka Belitung (Babel) menemukan ribuan liter arak siap edar saat melakukan sidak ke sejumlah pabrik di wilayah hukum Polres Pangkalpinang pada Selasa 10 April 2018 sore hari. Sidak tersebut dilakukan pasca banyaknya korban jiwa akibat miras oplosan belakangan ini.

Kapolda Bangka Belitung Brigjen Syaiful Zuchri saat memimpin sidak ke sejumlah pabrik di wilayah hukum Babel menemukan ribuan liter arak siap edar. Hal tersebut dilakukan demi menindaklanjuti maraknya korban jiwa akibat miras oplosan.

Dalam giat ini, ada tiga pabrik yang dilakukan pengecekan oleh petugas kepolisian seperti di wilayah Air Mangkok, Desa Benteng dan Pasir Putih, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Salah satunya pabrik arak milik Sugianto alias Andi terletak di Desa Banteng, Kabupaten Bangka Tengah, Babel. Ribuan liter arak siap edar tersimpan rapi di dalam puluhan jerigen dan kaleng cat besar.

Sedangkan untuk bahan arak terdapat di dalam ratusan wadah, yang siap di olah menjadi miras dan tersusun rapi di sudut-sudut pabrik. Kendati demikian ribuan liter arak tersebut belum dilakukan penyitaan oleh aparat.

“Kita masih mengecek untuk legalitasnya dan produk yang dihasilkan ini apakah membahayakan atau sesuai dengan di produksi,” ujar Syaiful, Rabu (11/4/2018).

Syaiful menyatkan, pihaknya akan meminta bantuan dari Departemen Kesehatan dan BPOM Babel untuk memastikan keamanan minuman jenis arak tersebut.

“Untuk saat ini masih kita cek dulu kadar alkoholnya berapa persen. Kemudian ada izin-izinnya tidak para pemilik, itu masih akan kita dalami dulu dan kita tunggu hasil selesai pemeriksaan dulu,” ia menuturkan.

Sedangkan pemilik pabrik arak, Andi tidak bisa berbuat banyak, ketika anggota kepolisian memeriksa se isi pabrik rumahan tersebut.

Dirinya pun berkilah pasrah jika ribuan liter arak tersebut di sita oleh petugas.

author