Polda Jabar Tangkap 6 Kawanan Perampok Berseragam Polisi di Tol Cipali

NTMC POLRI – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar berhasil mengungkap dan menangkap 6 pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) yang kerap beraksi di tol cipali.

Keenam pelaku yang berhasil diamankan Ditreskrimum Polda Jabar, berinisal Enam pelaku yakni MY (37), D (51), MKK (40), Y (40), K (42) dan FN (53). Mereka di tangkap di tempat dan waktu yang berbeda.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Jabar, Selasa (18/10/2016) mengatakan, penangkapan terhadap keenam tersangka dilakukan selama kurun waktu satu minggu.

“Penangkapan terhadap para pelaku dilakukan oleh Subdit Kemneg Ditreskrimum Polda Jabar dipimpin langsung oleh AKBP Budi Satya Wiguna. Mereka ditangkap ditempat dan waktu yang berbeda. Kini tim masih di daerah Surabaya untuk mencari barang-bukti lainnya,” jelas Kabid Humas Polda Jabar.

Saat beraksi, para pelaku pakai mobil minibus dengan menggunakan plat nomor dinas polisi asal Polda Jabar dan salah satu pelaku menggunakan seragam polisi dari Polda Metro.

“Setelah itu, para pelaku yang berada di dalam mobil tersebut, langsung menghadang korban dengan menodongkan senjata dan setelah itu membawa kabur truk kontainer yang bermuatan rokok,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Yusri Yunus, para pelaku tidak segan-segan menyekap para korbannya, dalam setiap beraksi. Dan dari hasil pemeriksaan, para pelaku ini mengaku baru tiga kali melakukan aksi curas terhadap setiap truk yang melintas di tol Cipali.

“Namun, setelah dimintai keterangan oleh penyidik para pelaku ini sudah 12 kali melakukan aksi curas,” jelas Yusri.

Setiap hasil curian para pelaku ini, mereka menjual hasil curiannya ke daerah Jawa Timur.

“Satu pelaku berinisial S yang diketahui sebagai penadah, sedang dalam pengejaran jajaran saat ini. Para pelaku pun yang telah diamankan, kini masih dalam pemeriksaan,” ungkap Yusri.

Tags:
author