Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Khusus Tangani Banjir

107 views

Sejumlah petugas membantu evakuasi warga yang terdampak banjir sedalam 1,5 meter di Kelurahan Pajetan Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (5/2). Banjir yang terjadi di kawasan tersebut akibat luapan air dari Sungai Ciliwung. ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah/wsj/ama/18.

NTMC POLRI – Polda Metro Jaya akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Terpadu untuk fokus menangani dan mengantisipasi adanya potensi banjir di wilayah Ibu Kota Jakarta. Satgas ini dibentuk bersama dengan beberapa lembaga negara terkait.

“Dalam hal ini kita sudah menginisiasi, kami ada rencana pembentukan Satgas Terpadu terdiri dari BPBD, Polri, TNI dan instansi terkait,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Hutan Kota, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2019).

Nana menambahkan, nantinya Satgas Terpadu itu akan dikerahkan untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan banjir. Misalnya, evakuasi warga, memberikan bantuan, dan mendirikan posko-posko di lokasi banjir.

“Kami memang dari awal sudah menyiapkan untuk membentuk tim memberikan pertolongan ataupun evakuasi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Nana.

Tak hanya itu, Nana menyebut pihaknya juga akan menjaga keamanan masyarakat yang terdampak banjir. Pasalnya, tim itu juga melakukan direncanakan berpatroli di lokasi banjir untuk memastikan rumah dan harta berharga warga tetap aman.

“Kami akan melakukan patroli yang selama ini banyak masyarakat mengungsi dari kediamannya. Sampai ke tingkat bawah sudah disampaikan ke Polsek untuk mengamankan, patroli rumah-rumah yang ditinggal masyarakat,” papar Nana.

Selain itu, dalam satgas itu juga akan membuat posko kesehatan. Satgas itu akan disiapkan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem hingga banjir di Jakarta.

“Kami akan (membuat) semacam pos untuk kesehatan, bisa dikatakan rumah sakit lah ataupun nanti dari kesehatan. Jadi rencana kami akan membuat posko kesehatan ini akan kita lakukan di beberapa lokasi yang terkena banjir,” tutup Nana.

author