Polda Metro Jaya Berpegang Pergub Saat Menindak Pemobil Tak Pakai Masker

 

NTMC POLRI – Pihak kepolisian berpedoman pada aturan yang berlaku saat menggelar operasi yustisi untuk pendisiplinan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran virus Corona yang sudah berjalan hampir sepekan. Belakangan, banyak warga yang memprotes terkait penindakan penggunaan masker saat berkendara.

“Pasal 4 Pergub 79 tahun 2020 tentang kewajiban menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu ketika menggunakan kendaraan bermotor,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (17/9/2020).

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan aturan tersebut menjadi dasar kepolisian sebagai salah satu elemen yang melakukan penindakan di operasi yustisi. Dia menambahkan tidak ada pengecualian di dalam pergub tersebut yang mengatakan warga yang berkendara sendiri diperkenankan tidak menggunakan masker.

“Di dalam pergub tersebut tidak disebutkan ada pengecualian apabila menggunakan kendaraan sendirian,” tambahnya.

Berikut ini isi Pergub 79 Pasal 4 Tahun 2020:

Kewajiban Paragraf 1
Perlindungan Kesehatan Individu

Pasal 4

(1) Setiap orang yang berada di Provinsi DKI Jakarta wajib melaksanakan perlindungan kesehatan individu, yang meliputi:
a. menggunakan masker yang menutupi hidung, mulut, dan dagu, ketika:
1. berada di luar rumah;
2. berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya; dan/atau
3. menggunakan kendaraan bermotor;
b. mencuci tangan secara teratur dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas;
c. melakukan pembatasan interaksi fisik dengan rentang jarak paling sedikit 1 (satu) meter antar orang; dan
d. menerapkan PHBS pencegahan Covid-19; dan
e. membatasi kapasitas angkut mobil penumpang perseorangan paling banyak untuk 2 (dua) orang per baris kursi, kecuali dengan penumpang berdomisili di alamat yang sama.

Seperti diketahui, posting-an seorang perempuan viral di media sosial terkait penindakan operasi yustisi. Dalam posting-an tersebut, seorang warga mengeluhkan dirinya tetap ditindak hanya karena tidak menggunakan masker yang menutup mulut.

Dia mengatakan menurunkan maskernya tersebut karena merasa sesak dan ingin mengambil napas sejenak. Posting-an tersebut kemudian memancing perdebatan masyarakat terkait aturan penindakan itu.

Tags:
author