Polda Metro Jaya Bersiap Mengamankan Aksi Unjuk Rasa Ribuan Buruh Di Jakarta

NTMC – Polda Metro Jaya bersiap mengamankan demonstrasi sekitar 15 ribu buruh pada Kamis (29/9) nanti. Pengamanan unjuk rasa termasuk mengawal massa mulai dari pintu tol.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mengatakan, buruh yang akan datang ke Jakarta akan dilakukan pengawalan dari titik-titik awal hingga ke titik kumpul dan lokasi demo katanya,, Selasa (27/9/2016).

Unjuk rasa ini berlangsung secara serentak di beberapa provinsi. Di Jakarta sendiri, ada 4 titik aksi demo massa yakni di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Istana Merdeka dan Balai Kota.

Polda Metro Jaya telah melakukan pertemuan dengan perwakilan massa dari Konfederasi Federasi Serikat Pekerja Indonesia (KFSPI) yang dihadiri Sekejennya, Rusdi. Dalam pertemuan tersebut, massa buruh sepakat untuk tidak melakukan aksi sweeping terhadap rekan buruh yang tidak ingin ikut aksi.

“Komitmennya teman-teman (buruh) tidak akan melaksanakan sweeping, teman-teman tidak akan melaksanakan penutupan jalan dan melaksanakan dengan tertib. Karena tujuan aksi adalah aksi tertib dan damai,” lanjut Suntana.

Massa buruh yang akan mengikuti aksi ini tidak hanya berasal dari Jakarta, melainkan dari Serang, Karawang, Purwakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Massa bergerak dari titik awal masing-masing dengan pengawalan aparat polisi.

“Sesuai ketentuan yang kita buat aksi dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Kita harapkan teman-teman menepati waktu yang telah diberikan. Mudah-mudahan sebelum jam 6 teman-teman sudah bisa bertemu perwakilan-perwakilan instansi dan bisa menyampaikan apa yang diinginkan dan unjuk rasa bisa bubar tepat pada waktunya,” pungkasnya.