Polisi Amankan Bandar Ganja Saat Lakukan Ops Gabungan TNI-Polri

NTMC Polri — Saat melakukan razia, pihak Kepolisian Aceh Barat Daya (Abdya) mengamankan seorang warga Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, karena kedapatan membawa ganja, pada Senin (2/12/2019) malam.

“Pelaku yang diamankan itu berinisial ZDM (41) tercatat warga Desa Laut Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang,” kata Kapolres Abdya AKBP Moh Basori melalui Kasat Resnarkoba, Ipda Mahdian Siregar di Blangpidie, Selasa (3/12/2019).

Ipda Mahdian mengungkapkan, pelaku ditangkap oleh gim Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Abdya, di depan Lantas, Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, saat polisi melakukan razia gabungan TNI-Polri jelang HUT Gerakan Aceh Merdeka (GAM) 4 Desember 2019.

“Sekira pukul 23.00 WIB, tiba-tiba sebuah mobil jenis Kijang Innova melintasi razia di jalan nasional Blangpidie-Tapaktuan, lalu petugas melihat ada sesuatu yang dibuang dari kaca mobil tersebut, sehingga timbul rasa curiga dengan barang yang dibuang itu,” kata Ipda Mahdian.

Kemudian, petugas mengambil barang yang dibuang tersebut, lalu diperiksa dan ternyata isi dalam bungkusan kertas itu merupakan obat terlarang narkotia jenis daun ganja kering seberat 7,66 gram/netto.

“Setelah itu pihak Polisi Lalulintas langsung mengambil tindakan menghentikan mobil Kijang Innova itu dan mengamankan pelaku yang hendak pulang ke Deli Serdang, Sumatera Utara,” kata Ipda Mahdian.

Ipda Mahdian mengatakan, usai pelaku diamankan, tim Satlantas langsung menelepon anggota Sat-Resnarkoba untuk datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie.

“Sesampai anggota kita di TKP, petugas menyerahkan pelaku bersama barang bukti daun ganja kering untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut,” ujar Ipda Mahdian.

author