Polisi Bekuk Komplotan Gembos Ban di Cikarang

99 views

NTMCPOLRI – Aksi pencurian uang nasabah bank di Cikarang, Kabupaten Bekasi, digagalkan polisi. Polisi membekuk satu per satu pelakunya setelah menggembosi ban korban.

Empat dari enam pelaku ditangkap polisi beberapa saat setelah kejadian pada Rabu (10/5) siang lalu. Mereka adalah Ha alias Rin (28), Is alias K (28), PA alias M (33), dan Aa (41).

“Total pelaku berjumlah enam orang. Yang tertangkap baru empat orang, sedangkan dua pelaku lainnya, yakni SON dan E, masih dikejar,” ujar Kapolresta Bekasi Kombes Asep Adi Saputra, Kamis 8 Juni 2017.

Asep menjelaskan para pelaku mengincar nasabah bank yang menarik uang dalam jumlah banyak. Sebelum melakukan aksinya, mereka mengincar korban dengan menyamar sebagai nasabah bank.

“Modus operandinya, korban diikuti setelah keluar bank, kemudian ban mobilnya digembosi. Kalau korban lengah, pelaku akan mengambil uang pada saat korban membuka pintu mobil ketika akan mengecek ban,” jelasnya.

Kapolres mengatakan keenam pelaku ini membagi peran masing-masing. “Ada yang bertugas menandai korban yang menjadi sasaran, kemudian ada yang bertugas mengikuti, dan ada yang bertugas menancapkan paku–yang dimodifikasi dari besi payung–ke ban mobil, serta ada juga yang berpura-pura memberi tahu bahwa ban mobil korban gembos,” terangnya.

Para pelaku ditangkap setelah mengincar korban berinisial MM (20) dan WA (30), karyawan sebuah perusahaan industri pada Selasa (4/6) lalu. Saat itu mereka baru saja mengambil uang perusahaan senilai Rp 105 juta di Bank BNI 46 Cabang Jababeka, Cikarang Selatan.

“Setelah menarik uang di bank, korban kembali ke kantornya yang berada di Kampung Pasir Limus, Desa Wangun Harja. Saat itu mereka naik mobil Xenia,” ungkapnya.

Dalam perjalanan, korban WA yang mengemudikan mobil merasa ban belakang sebelah kiri kempis. Korban kemudian melihat kaca spion dan mengetahui ada 2 pengendara motor yang mengikutinya.

“Mengetahui hal tersebut, korban merasa curiga dan memutuskan tetap jalan sampai tujuan. Sesampai di tempat tujuan, korban melihat pengendara sepeda motor Suzuki Satria yang mengikutinya berhenti di warung dekat tempat korban bekerja,” paparnya.

Dengan instingnya itu, korban kemudian memberitahukan soal pengendara motor yang dicurigainya itu kepada petugas Polsek Cikarang yang pada saat itu sedang berpatroli. Mendapat laporan tersebut, anggota patroli Polsek Cikarang kemudian menginterogasi pengendara motor Suzuki Satria FU yang belakangan diketahui berinisial Ha.

“Tersangka Ha mengakui tersangka akan mengambil uang milik korban,” cetusnya.

Tersangka Ha juga mengaku pernah melakukan pencurian nasabah bank dengan modus pecah kaca mobil pada Selasa (4/4) di kawasan industri Jababeka I, Jl Jababeka 17 Blok U RT 03/01 Desa Harja Mekar, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

“Tersangka mengakui perbuatannya itu dilakukan bersama tersangka Is dan SON (DPO),” ucapnya.

Setelah mengamankan Ha, polisi melakukan pengembangan. Hingga pada Rabu (31/5) lalu, tim gabungan dari Polresta Bekasi dan Polsek Jajaran Polres Metro Bekasi akhirnya menangkap tersangka Is alias K di Pasar Induk Cibitung.

Dari situ, polisi juga menangkap Pa alias M di rumah kontrakannya di Tambun serta Aa di rumah kontrakannya di Cibitung. “Tersangka Is merupakan otak komplotan itu dan mencari target atau korban dengan berpura-pura menjadi nasabah,” tandasnya.

Dari para pelaku, polisi menyita 3 unit motor, 2 unit mobil, sepucuk airsoft gun, sandal yang dimodifikasi dengan paku. Mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan.

author