Polisi Bongkar Modus Penipuan Order Fiktif Go Food

NTMC POLRI – Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Ardiansyah menjelaskan kronologi penangkapan tujuh pelaku penipuan order fiktif makanan salah satu aplikasi ojek online (ojol) atau Go Food di Warung Sate Solo Pak Man Jl. Nangka, Kampung Kekupu RT.002 RW.013, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, Rabu (13/11/2019) yang berhasil meraup keuntungan lebih dari 120 juta rupiah.

Polres Metro Kota Depok mendapatkan informasi dari Helmi sebagai investigator Pt. Akab (Go-Jek) pada Selasa (29/10/2019) lalu, bahwa pihaknya telah menemukan salah satu merchant yang mencurigakan.

“Warung Sate Solo Pak Man…didapati transaksi yang tidak wajar dimana order makanan (warung) tersebut hanya terpaku pada 3 titik saja,” demikian kata Kombes Pol Azis.

Walaupun hanya terpaku terhadap tiga titik, semua transaksi dari merchant tersebut berhasil meraup keuntungan yang harus ditanggung ruginya oleh pihak Go-Jek sebanyak Rp. 120.286.000.

“Order tersebut melebihi dari batas kewajaran yang kemudian diketahui bahwa transaksi tersebut fiktif sehingga pihak GOJEK mengalami kerugian sebesar Rp. 120.286.000,” jelas Azis.

Diinformasikan sebelumnya, terkait kasus ini Polres Metro Depok telah mengamankan 7 tersangka yang diketahui sebagai pemilik warung, pembuat orderan fiktif, dan koordinator dari motif mereka.

Pihak kepolisian juga mengamankan sebanyak 11 ponsel genggam yang akan diselidiki lebih lanjut untuk menjadi barang bukti penipuan order fiktif tersebut.

author