Polisi Sahabat Anak, Berikan Materi Tentang Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

NTMC POLRI – Upaya menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi sejak dini terus dilakukan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Polisi Sahabat Anak (PSA) merupakan sebuah program dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang menyasar anak-anak pada usia dini.

Program ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan memberikan proses pembelajaran tentang tata tertip berlalu lintas kepada anak-anak sejak dini, yang dilaksanakan di Rumah Polisi Sahabat Anak Taman Edukasi Banua Lalu Lintas Banjarmasin, Selasa (10/9/2019) pukul 08.00 Wita.

Kegiatan yang dipimpin Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Muji Ediyanto, SIK diwakili Kasubdit Kamsel AKBP Dra. Nina Rahmi, MM. didampingi Iptu Laila Nafriani, Aiptu Maulida, Brigadir Deby Rianto, dan personil Korem 101/Antasari menyampaikan materi perkenalan tentang rambu-rambu lalulintas dan pengenalan tugas-tugas di Kepolisian.

 

Sementara para anak-anak dari TK Aisiyyah Bustanul Athfal 12 , TK Aisiyah Bustanul Athfal 35 dan TK Tunas Harapan Banjarmasin terlihat Nampak gembira dengan kegiatan bermain sambil belajar tentang peraturan lalu lintas.

Dengan kegiatan PSA ini, diharapkan juga si anak paham tugas mulia seorang polisi, Jiwa kesatria, jujur dan disiplin dapat dicontoh dan menjadi karakter pada saat mereka sudah dewasa nanti. Juga si anak tidak phobia terhadap polisi dan merasa bangga dengan polisi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

 

Adapun materi kegiatan PSA yang diberikan kepada anak anak yaitu bernyanyi, bermain, pengenalan Rambu lalulintas, menjelaskan fungsi helm dan kegunaannya, mengajarkan cara menyeberang jalan supaya aman, Pelopor keselamatan berlalulintas dan bermain pengenalan simbol lalulintas. Hal tersebut bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan si anak tentang peraturan lalulintas.

Selain itu pada kesempatan ini juga personel Ditlantas Polda Kalsel memberikan Sosialisasi mendukung kegiatan Pemerintah dalam rangkaian Pekan Kerja Nyata (PKN) Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) pada gugus tugas Gerakan Indonesia Tertib (GIT) Tahun 2019 di Provinsi Kalsel.

“Kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) ini dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak-anak kepada polisi. Selain itu dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak bisa lebih disiplin dan mematuhi segala peraturan lalulintas,” ujar Kasubdit Kamsel AKBP Dra. Nina Rahmi, MM.

author