Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Wisata Lembang

NTMC POLRI – Jajaran Satlantas Polres Cimahi mulai memasang water dan rubber cone untuk kanalisasi arus lalulintas di beberapa simpul kemacetan seperti di depan objek wisata Farm House serta di simpang Beatrix, Lembang, KBB.

KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Heriduansyah mengatakan, langkah itu dilakukan guna mengurai kemacetan saat wisatawan membludak di kawasan Lembang menjelang libur panjang pada Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020).

“Persiapan libur panjang 28 Oktober sampai 1 November nanti kita mulai melaksanakan pemasangan water barrier untuk kanalisasi arus di Lembang,” ungkap KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah, Selasa (27/10/2020).

Menurut Iptu Erin, untuk mengurai kepadatan di kawasan wisata Lembang, pihaknya menerjunkan 80 personel yang akan disebar di beberapa titik termasuk di pintu masuk objek wisata mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan.

“80 personel yang akan difokuskan di Lembang, nanti akan disebar termasuk di kawasan objek wisata. Tapi ada juga personel yang ditempatkan di Cimahi dan Padalarang,” katanya.

Pihaknya memprediksi wisatawan baru mulai masuk ke kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang. Wisatawan yang datang kebanyakan berasal dari Jakarta, Karawang, Bekasi, dan daerah lainnya.

“Kemungkinan wisatawan baru akan tiba di Lembang hari pertama libur panjang. Kalau besok belum, mungkin baru persiapan memulai perjalanan,” terangnya.

Jika terjadi penumpukan kendaraan wisatawan, pihaknya bakal menerapkan cara bertindak rekayasa lalulintas seperti oneway. Namun penerapannya bergantung pada kondisi kendaraan di jalan raya.

“Kalau ada penumpukan biasanya langsung kita lakukan penarikan kendaraan ke atas atau sebaliknya, tergantung pada kondisi di lapangan,” tandasnya.

Tags:
author