Polisi Siapkan Rekayasa Lalulintas Saat Libur Imlek di Lembang

NTMC POLRI – Menyambut tahun baru Imlek 2020, beberapa obyek wisata di Kawasan Wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat menarik wisatawan dengan berbagai sajian budaya Tionghoa.

Diprediksi, kawasan Bandung utara tersebut akan dipadati lalu lintas seiring dengan banyaknya pengunjung menuju tempat-tempat wisata. Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di jalur tersebut.

KBO Satlantas Polres Cimahi Iptu Duddy Iskandar mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan jajaran Polrestabes Bandung untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Jika ekor kendaraan ke arah Lembang sudah sampai di Jalan Setiabudi, Kota Bandung, pihaknya akan memberlakukan satu arah dengan menarik semua kendaraan menuju arah Lembang.

“Sedangkan di Jalan Grand Hotel Lembang, kendaraan akan dipenggal karena kami mendahulukan kendaraan yang dari arah Bandung (Setiabudi),” kata Duddy.

Namun, jika kendaraan dari arah Setiabudi menuju Lembang sudah tidak bisa bergerak, pihaknya akan mengalihkan arus ke Jalan Sersan Bajuri. Begitu pun kalau arah sebaliknya padat, kendaraan akan dibelokkan ke Jalan Kolonel Masturi. Rekayasa lalu lintas seperti ini sudah biasa diterapkan saat libur panjang akhir pekan.

Duddy menjelaskan, peningkatan arus kendaraan biasanya terjadi pada pagi hari. Terkait dengan simpul kepadatan kendaraan, diperkirakan terjadi di sekitar objek wisata Farm House dan The Great Asia Africa.

“Menjelang siang, arus lalu lintas akan kembali normal, karena kebanyakan wisatawan sudah turun ke arah Kota Bandung. Tapi tetap, kami berharap pada akhir pekan ini tidak terjadi kemacetan yang begitu parah,” terangnya.

author