Polres Bogor Razia 32 Bus Tak Laik Jalan

61 views

NTMC POLRI – Pasca-kecelakaan beruntun di Jalan Puncak, Polres Bogor bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor gencar merazia bus pariwisata. Mayoritas bus yang terjaring berpelat nomor B.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, dalam razia tiga hari terakhir sebanyak 32 bus pariwisata diputarbalikan karena tak laik jalan. Mayoritas mengalami masalah pada sistem pengereman dan kopling.

“Rata-rata dari Jakarta, ada pula dari Serang, Banten. Malah kami tidak menemukan bus tak laik dari Bogor,” ujar Hasby di Bogor, Rabu 3 Mei 2017.

Polisi kemudian meminta bus-bus itu dikembalikan ke pool untuk diganti dengan kendaraan yang laik. Hal ini untuk mengantisipasi kecelakaan maut kembali terjadi.

Hasby tak memungkiri, ada beberapa bus pariwisata yang lolos dari razia. Itu diketahui setelah bus tak laik jalan mengalami mogok di tengah perjalanan di Jalan Puncak.

“Ada tiga bus yang ditemukan mogok di jalan. Kami putar balikkan, dengan bantuan mobil derek,” kata Hasby.

Di luar bus tak laik jalan, polisi dan dishub juga menilang 97 armada bus pariwisata. Itu dikarenakan pengemudi tak mampu menunjukan kelengkapan surat kendaraan.

Banyaknya bus yang terjaring razia, kata Hasby, menunjukan minimnya kesadaran pemilik atau PO bus pariwisata. Ia pun mengimbau masyarakat pengguna bus pariwisata agar lebih peduli keselamatan, dengan memastikan legalitas serta kelaikan bus.

“Masyarakat harus lebih peduli, tanya kelaikannya, dan kelengkapan suratnya juga. Minta nomor telepon sopirnya, pastikan KIR-nya habis apa belum,” pungkas Hasby.

Tags:
author