Polres Purbalingga Luncurkan Aplikasi “Apik Temen”

NTMC POLRI – Polres Purbalingga meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Apik Temen. Peluncuran Apik Temen bersamaan dengan tasyakuran Hari Polantas Bhayangkara ke-64 tahun 2019 tingkat Polres Purbalingga di halaman Stadion Goentoer Darjono, Sabtu (12/10/2019) pagi.

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman menyampaikan bahwa pada hari ini kita launching Apik Temen yaitu aplikasi informasi kepolisian yang terpadu dan modern. Hal ini dikandung maksud untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga yang berbasis IT.

“Harapannya dengan aplikasi Apik Temen ini, memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kepolisian yang maksimal. Karena aplikasi ini bisa diakses melalui handphone berbasis android yang sebagian besar dimiliki masyarakat di Kabupaten Purbalingga,” ucapnya.

Disampaikan Kapolres, dalam aplikasi Apik Temen ada beberapa pelayanan yang bisa didapatkan masyarakat mulai dari SKCK online, SIM, BPKB, STNK serta Tilang online, Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyelidikan (SP2HP), laporan polisi, pengawalan, informasi orang hilang, Daftar Pencarian Orang (DPO), perijinan dan berita.

“Paling penting ada fitur panic button yaitu masyarakat yang membutuhkan kehadiran Polri bisa menekan tombol di aplikasi, maka akan masuk dalam sistem di call center kami. Selanjutnya ditindaklanjuti berdasarkan data nomor telepon dan lokasi melalui GPS,” jelasnya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi yang hadir dalam acara menyampaikan apresiasi adanya aplikasi yang dibuat oleh Polres Purbalingga. Menurutnya dengan aplikasi tersebut masyarakat Kabupaten Purbalingga dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan kepolisian sesuai fitur yang ada dalam aplikasi.

Selain launching aplikasi Apik Temen, dalam tasyakuran Hari Polantas Bhayangkara diselenggarakan jalan sehat dan senam bersama. Di lokasi kegiatan juga disediakan pelayanan kesehatan gratis dari Urkes Polres Purbalingga. Disediakan juga penukaran Smart SIM dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan.

Dalam acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kapolres Purbalingga yang diberikan kepada Bupati Purbalingga. Ada juga penyerahan juara lomba dalam rangka Hari Polantas Bhayangkara tahun 2019. Selain itu, dilakukan pengundian puluhan hadiah bagi peserta jalan sehat dan diramaikan dengan hiburan musik.

author