Polres Tangsel Sita 20 Ribu Petasan Hasil Penggerebekan Industri Rumahan

NTMC POLRI – Sebanyak 20 ribu petasan berbagai jenis berhasil disita petugas Polres Tangerang Selatan. Petasan itu disita dari hasil penggerebekan sebuah industri rumahan pembuat petasan di Kabupaten Tangerang.

Penggeledahan itu dilakukan pada Minggu (4/6/2017) kemarin di Desa Cijantra, Kecamatan Pagedagan. Sayangnya saat digeledah, polisi gagal meringkus pemilik ribuan petasan.
‎
Waka Polres Tangsel, Kompol Bachtiar Alponso, Selasa (6/6/2017), mengatakan, penggerebekan tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa di wilayahnya ada rumah pembuatan petasan. Akhirnya, 4 Juni kemarin, tim dari Polres Tangsel langsung menggrebeknya.

Menurut Alponso, pembuatan petasan yang mempunyai daya ledak tinggi tersebut diproduksi oleh pelaku pada momen-momen tertentu saja.

“Saat kita grebek, pelaku sedang tidak ada di rumahnya. Petasan berdiameter mulai dari 2 hingga 5 centimeter itu dibuatnya musiman, misalnya menyambut bulan puasa dan Lebaran,” ucapnya.

Alponso menyatakan, pihaknya kini mencari pembuat petasan berbahaya ini. Barang bukti yang telah diamankan dikumpulkan sebelum dimusnahkan. Jika pelaku tertangkap, kata Alponso, akan dikenakan pasal 187 ayat 1 KUHP dan terancam hukuman minimal 1 tahun kurungan penjara.

author