Polrestabes Semarang Bekuk Pelaku Spesialis Pembobol ATM Bermodus Ganjal Lubang

NTMC – Spesialis pembobolan ATM kembali tertangkap kepolisian. Kali ini Polrestabes Semarang  berhasil menangkap tiga diantara lima pelaku pembobolan ATM yang sering beraksi di Kota Semarang selama setahun terakhir.

Pelaku yang berbekal satu unit mobil Toyota Avanza dan satu sepeda motor, mereka berkeliling mencari mesin ATM di pinggiran Kota Semarang. Lokasi ATM yang tergolong sepi menjadi sasaran empuk para pelaku.

Modus yang digunakan para pelaku yakni dengan memasang jebakan berupa tusuk gigi di lubang kartu mesin ATM. Tidak hanya itu, para pelaku yang bekerja team work ini membagi perannya masing-masing diantaranya, memasangkan tusuk gigi di dalam lubang kartu mesin ATM, memperhatikan gerak tangan korban ketika memencet nomor pin, serta berjaga di lokasi.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin, mengatakan, para pelaku merupakan warga luar Kota Semarang yang kos di Perumahan Puri Anjosmoro. Kelima pelaku yakni Agus Sunarto (47), warga Kota Serang, Banten, Niko Dealisandi (31) warga Lampung, Kevin Aliando (37) warga Serang, Banten.

Selama beraksi, mereka mengaku telah meraup hasil kejahatan sebanyak Rp 200 juta. Terakhir mereka beraksi di ATM pom bensin Jalan Fatmawati, Kedungmundu, Kota Semarang pada 30 Juni 2015 lalu.

Ketiga pelaku tersebut sudah beraksi sebanyak 15 kali di Kota Semarang, sedangkan dua pelaku lainnya beraksi di Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan,mengenai 2 pelaku lainnya kini dalam pengejaran, Kepolisian telah berkoordinasi satu sama lain, antara lain kepada Polrestabes Bandung Karena pelaku lainnya diduga berlokasi di Bandung .

author