Polri-TNI Bersinergi Dirikan Dapur Umum

212 views

NTMC POLRI – Bergerak cepat bangun jaring pengaman sosial bagi warga terdampak Covid-19. Polri dan TNI dirikan dapur umum serempak.

Polri dan TNI bersinergi mendirikan dapur umum guna memberi makan gratis kepada warga yang terkena imbas pandemi virus Corona (SARS-CoV-2).

Menurut Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto yang juga menjadi Kaopspus Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19, upaya tersebut menyusul imbuan presiden yang meminta seluruh jajaran pemerintah memberdayakan kekuatan untuk penanganan pandemi, Kamis (16/4).

“Dapur umum ini didirikan untuk mengamankan jaring pengaman sosial agar masyarakat tidak kelaparan,” lanjutnya.

Kabaharkam juga berharap makanan gratis bisa disalurkan untuk warga. “Karena masalah perut sangat rawan. Orang bila lapar tidak akan bisa berpikir secara logis. Bila lapar berkepanjangan, berpotensi akan menimbulkan kesempatan untuk melakukan tindak pidana,” pungkasnya.

Pada Rabu (15/4) sebelumnya, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menuturkan bahwa dapur umum ini akan ada di seluruh Indonesia. “Jadi seluruh Indonesia ada,” ujarnya di GOR Johar Baru.

Adapun wilayah yang telah mendirikan dapur umum di antaranya di kawasan Kota Tua, di kawasan Tanjung Priok, Kemayoran, Jakarta Pusat, Tambun, Bekasi, Jawa Barat dan dua lainnya di wilayah Jakarta Selatan.

“Dapur umum ini sebagai rasa kepedulian dari TNI dan Polri terhadap masyarakat yang memang kondisinya memprihatinkan dengan meningkatnya penyebaran COVID-19,” tutur Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana di Jakarta, Selasa (14/4).

Satu dapur umum, kata dia, bisa memproduksi sekitar 1.200 nasi bungkus dalam sehari, yang akan dibagikan warga yang kurang mampu atau yang masih bekerja saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam proses pembagian makanan, Polri-TNI berkoordinasi dengan Rukun Warga (RW) dengan mendata warga yang terdampak. Kemudian pihak dapur yang merupakan perwakilan Polri-TNI membagikannya langsung ke warga, secara tertib dan mengedepankan jaga jarak fisik. “Yang ambil di sini tetap jaga jarak, jadi tetap diatur,” ucap Kapolda Metro Jaya.

Tak hanya di wilayah Jakarta, dapur umum pun didirikan di Purwakarta, Karawang, Kubu Raya, Ambon, Kepulauan Riau (Kepri) dan wilayah lainnya.

Polres Karawang dan TNI Kodim 0604, serta pemerintah kabupaten turut mendirikan dapur umum. Menurut Kepala Dapur Polres Karawang AKP Abdul Kodir, dapur umum didirikan di Markas Polres Karawang.

Demikian pula Polres Purwakarta yang membuat dapur umum di pertigaan pos polisi Ciganea Desa Mekargalih. “Kita membuat dapur umum keliling sebagai bentuk bakti kemanusiaan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu pelayanan dari dapur umum keliling ini dengan memberikan bantuan berupa makanan kepada masyarakat yang melintas yang tentu saja terdampak oleh wabah Vovid-19,” Kapolres Purwakarta AKBP Indra Setiawan.

Di Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar) pada Kamis (16/4), Kodam XII/Tanjungpura bekerjasama dengan Polda Kalbar membuka dapur umum di Denharjasaint Bekangdam XII/Tpr, Jalan Adi Sucipto. “Untuk hari ini sebanyak 2000 nasi kotak akan dibagikan di empat lokasi yaitu terhadap masyarakat di sekitar Polsek Barat, Polsek Timur, Kuala Dua, dan Sungai Kakap,” ujar Kolonel Inf. Aulia Fahmi.

Sementara itu, di Maluku, Polda Maluku dan Kodam XVI/Pattimura mendirikan dapur umum di halaman Markas Polsek Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso (KPYS). Pelayanan dapur umum tampak dihadiri langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar dan Pangdam Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq. “Dapur umum menyediakan makanan. Ini kita bangun untuk dapat membantu masyarakat yang kesehariannya susah mendapatkan rejeki akibat dampak virus corona ini,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, Selasa (14/4).

Selain itu, Polda Maluku dan Kodam juga menyiapkan ratusan paket sembako. Bahan kebutuhan pokok masyarakat ini akan dibagikan gratis masyarakat yang dianggap sangat membutuhkan. “Kami bersama bapak Panglima dan jajarannya juga menyiapkan ratusan paket sembako. Akan kami bagikan nantinya,” ungkapnya.

Polda Kepri juga mendirikan dapur umum. Wakapolda Kepri, Yan Fitri Halimansyah, mengatakan bahwa dapur lapangan ini sebagai bentuk kepedulian dari TNI dan Polri terhadap warga yang terdampak corona. “Kami TNI dan Polri mengadakan kegiatan dapur lapangan ini adalah sebagai bentuk kepedulian kami untuk masyarakat dan Program ini akan terus berlanjut hingga pandemi ini mereda,” katanya, pada Rabu (15/4).

Salah seorang warga Pasir Putih, Rinto mengaku terbantu oleh TNI dan Polri di saat situasi kondisi ekonomi seperti ini. “Kami mengucapkan ribuan terima kasih kepada TNI dan Polri khusus Brimob yang telah memberikan bantuan nasi. Semoga kedepan kegiatan berlanjut sampai kami bisa bebas mencari nafkah lagi,” ujar dia.

Rencananya, dapur umum ini beroperasi mulai Selasa, 14 April hingga 20 hari ke depan, sambil mengamati situasi perkembangan masyarakat atas dampak Covid-19. Pengadaan menyesuaikan peraturan pemerintah setempat, sehingga ada kemungkinan masa operasional dapur umum diperpanjang.

Tags:
author