Program ‘Azis’ Polres Ponorogo, Bedah Rumah Nenek Boinem Hingga Layak Huni

NTMC POLRI – Dalam rangka kegiatan Operasi Zebra Semeru 2020, Satlantas Polres Ponorogo melaksanakan program AZIS (Amal, Zakat, Infaq, Sadaqah) peduli warga terdampak COVID-19. Kegiatan itu dilakukan dengan melaksanakan bakti sosial bedah rumah.

Rumah Boinem warga Desa Pulung Merdiko, Kecamatan Pulung, Ponorogo dibedah polisi. Rumah yang awalnya tidak layak huni itu kini bisa ditempati dengan nyaman usai dibedah.

Boinem sendiri merupakan seorang nenek yang tinggal bersama dua orang cucunya yang yatim piatu.

“Terima kasih kepada pak polisi, rumah saya dibangun,” tutur Boinem, Sabtu (31/10/2020).

Sementara itu, Azis adalah program Satlantas Polres Ponorogo sebagai upaya mendukung program pemerintah yaitu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polres Ponorogo.

Sumber anggaran Azis ini didapatkan dari sumbangan pribadi dari anggota Satlantas Polres Ponorogo dengan menyisihkan gaji mereka setiap bulannya.

“Program Azis ini berasal dari gaji anggota polisi yang dikumpulkan untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan,” ujar Kasat Lantas Polres Ponorogo AKP Indra Budi Wibowo.

Tim Azis Satlantas memberikan bantuan berupa sembako, masker dan uang kepada masyarakat yang terkena dampak COVID-19 di wilayah hukum Polres Ponorogo tujuannya agar masyarakat yang terkena dampak tersebut tetap di rumah dan tidak berinteraksi kepada masyarakat yang lain.

“Ke depan Azis tidak hanya memberikan bantuan bahan makanan saja terhadap masyarakat terdampak COVID-19, melainkan seluruh giat kemanusiaan seperti bedah rumah yang baru dilaksanakan hari ini,” imbuh Indra.Hasilnya ada 50 sak semen dan sejumlah uang untuk membantu pembangunan rumah Boinem. Sisanya masyarakat setempat juga membantu tenaga untuk proses pembangunan.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis menambahkan ke depan apabila ada pembangunan, setiap Polsek siap membantu untuk kelancaran kegiatan.

“Selain itu, pada saat ini memasuki masa kampanye pilihan boleh beda tapi tetap menjaga harkamtibmas, agar tetap kondusif serta mematuhi protokol kesehatan dikarenakan masih pandemi COVID-19,” kata Azis.

author