Prosedur Membuat SKCK Online

154 views

NTMC POLRI – Mabes Polri bekerjasama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan layanan jaringan pembayaran elektronik Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pembayaran SKCK online bisa dilakukan di seluruh jaringan e-channel dan teller BRI.

Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanti menjelaskan mekanisme pembuatan SKCK via online.

“Masyarakat bisa membuat SKCK secara online di mana saja dengan melakukan registrasi di skck.polri.go.id. Langkah pertama, masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maka data pribadi akan keluar semua,” kata Sis Apik di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Pendaftar kemudian diminta mengkonfirmasi apakah data pribadi yang ditampilkan cocok, “jika ya, maka selanjutnya sistem akan memberikan nomor Briva yang digunakan untuk membayar melalui BRI mobile banking, ATM BRI, perangkat EDC BRI, bahkan dengan teller BRI,” lanjut Sis Apik.

Biaya pembuatan SKCK online ditetapkan Rp30 ribu. Menariknya, selain menggunakan channel BRI, pendaftar juga bisa membayar menggunakan akun dari bank lain.

“Untuk membayar dari channel bank lain bisa menggunakan kode BRI 002 dan nomor Briva yang berjumlah 15 digit,” pungkas Sis Apik.

Setelah melakukan pembayaran, pemohon hanya perlu mendatangi kantor polisi terdekat untuk diterbitkan SKCK-nya. Pemohon SKCK secara online juga tidak perlu melakukan perekaman data sidik jari lantaran data itu sudah terintegrasi dengan NIK yang sudah memuat data sidik jari.

“Mudah sekali, hanya memerlukan waktu kurang dari dua menit. Mudah, transparan, dan akuntabel. Ini adalah layanan digitalisasi yang dilakukan BRI dengan Polri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Sis Apik.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, kerja sama antara Polri – BRI merupakan wujud peningkatan pelayanan Polri kepada masyarakat.

“Seperti diketahui SKCK online produk pelayanan di Baintelkam Polri untuk memudahkan masyarakat. Jadi masyarakat bisa di mana saja mengakses melalui online. Semoga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan lebih mudah dari Baintelkam Polri,” kata Setyo.

author