Ratusan Pengendara Terjaring Razia Satlantas Polres Boltim

NTMC POLRI – Polres Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus melakukan Operasi Patuh, untuk menertibkan kendaraan bagi pengguna jalan, Senin (03/08).

Razia yang dipimpin Kasatlantas AKP Jaya Simbala tersebut, digelar sejak tanggal 23 Juli, dan untuk menjaring pengendara yang tidak lengkap, mulai dari yang tidak menggunakan helm, plat nomor dan spion, menggunakan knalpot racing dan tidak mengantongi surat kendaraan atau STNK.

Dalam razia itu, AKP Jaya Simbala saat di wawancarai oleh awak media menjelaskan, sejak tanggal 23 juli aktivitas ini, sudah ratusan pengendara yang terjaring karena tidak mematuhi lalu lintas.

“Kami sudah menjaring ratusan pelanggar lalu lintas, sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan 6 harus memakai pengaman,” jelas AKP Simbala.

Lanjut dia, Ini adalah kebaikan pengendara sendiri. Hal-hal yang seharusnya dipatuhi atau dihindari agar tidak menjadi pemicu rawan kecelakaan.

”Jangan disepelekan, seperti ban gundul juga salah satu penyebab terjadinya kecelakaan dan itu juga menjadi sasaran operasi patuh ini,” terangnya.

AKP Simbala juga menegaskan, para pengguna knalpot racing agar segera diganti dengan yang standard

”Knalpot racing itu sangat mengganggu, masyarakat selalu mengeluh karena sangat mengganggu. Jika ditemui dalam operasi, kita langsung tilang dan copot knalpotnya untuk diganti dengan yang standar, kedepan khusus razia knalpot racing, Kami akan bekerjasama dengan Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, untuk menindak dengan cara terjun langsung ke rumah-rumah dan menegaskan kepada pengguna knalpot racing bahwa, harus memakai yang standar,”tegasnya.

Demikian dengan masa Pandemi lanjut Jaya, diimbau kepada pengendara motor dan mobil, agar memakai masker.

“Dengan menggunakan masker sebagai pelindung hidung dan mulut, Kita sudah menyelamatkan diri sendiri dan orang banyak. Mari Kita jaga Kabupaten Boltim ini, agar tetap pada zona hijau atau bebas dari wabah Covid-19,” pungkasnya.

author