Razia, 30 Truk Kelebihan Muatan Ditilang di Cilegon

NTMCPOLRI – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Banten, Dinas Perhubungan Kota Cilegon, bersama kepolisian dari Dirlantas Polda Banten menggelar razia kendaraan angkutan barang di jalan lingkar selatan, Cilegon, Banten, Jumat 15 November 2019.

Razia yang khusus menyasar pada kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase ini dilakukan sebagai upaya penertiban dari maraknya lalu lintas kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase di jalanan yang kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Dalam razia ini, petugas memberhentikan satu-persatu kendaraan truk angkutan barang yang sedang melintas dari arah Ciwandan menuju kota Cilegon dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan.

Bahkan petugas juga menimbang beban muatan angkutan barang dengan menggunakan alat timbang untuk mengetahui kendaraan angkutan barang yang melebihi tonase atau overload dan overdimensi muatan. Sehingga petugas bisa melakukan tindakan dengan memberikan tilang kepada pengemudi truk. Karena sebenarnya di jalur ini hanya untuk kendaraan yang melintas dengan bobot maksimal delapan ton.

Tak hanya itu penindakan terhadap kendaraan over tonase juga penting dilakukan karena kerap memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yang membahayakan keselamatan pengguna jalan dan masyarakat lainnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Keselamatan Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cilegon, mengatakan, lalu lalang kendaraan truk over tonase memang sudah kerap dikeluhkan warga. Apalagi mereka kerap memarkir truk angkutan di pinggir jalan.

Dari hasil razia gabungan ini, petugas menindak sebanyak 30 unit kendaraan truk angkutan barang kendaraan yang dikenakan sanksi tilang karena melebihi over tonase dan overdimensi muatan.

Petugas juga mengatakan akan terus gencar melakukan razia untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalan lingkar selatan. (mb)

Tags:
author