Resmi Menjadi Kabareskrim, Ini Catatan Singkat Profil Komjen Pol Agus Andrianto

NTMCPOLRI – Komjen Pol Agus Andrianto resmi menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Penunjukkan itu, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Komjen Pol Agus menggantikan jabatan Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Bareskrim yang kini telah diangkat sebagai Kapolri.

Sebelum menjabat sebagai Bareskrim, jenderal bintang tiga, Komjen Agus menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri. Ia sebelumnya juga sempat menjadi kandidat calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis.

Komjen Pol Agus Andrianto lahir di Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967 silam. Ia merupakan lulusan Akpol pada  1989. Lulus dari Akpol, Agus kemudian mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1995 dan Sespimti pada tahun 2012.

Komjen Agus Andrianto mengawali kariernya bertugas di Polres Dairi dan menjabat sebagai Kapolsek Sumbul pada tahun 1992. Setahun kemudian, Komjen Agus Andrianto menjadi Kapolsek Parapat dan dua tahun kemudian menjadi Kapolsek Percut Seituan. Pada tahun 2007 ia juga ditugaskan sebagai Kapolres Tangerang.

Hingga pada 2015, ia kemudian menjabat sebagai Dirpsikotropika dan Prekursor Deputi Bidang Pemberantasan BNN. Agus lalu menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim Polri pada 2016.

Sementara pada 2017 sebagai Wakapolda Sumatra Utara serta Kapolda Sumut pada tahun 2018 hingga 2019 dan yang terakhir Kabaharkam Polri.

Komjen Agus Andrianto pernah menangani kasus penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim pada tahun 2016. Setahun kemudian, Komjen Agus Andrianto menjadi Wakapolda Sumut.

Setahun kemudian pada 2018, ia diangkat menjadi Kapolda Sumut, di mana ia berhasil mengamankan situasi Pilpres 2019, pada saat itu Sumatera Utara merupakan kawasan rawan konflik politik.

Kemudian pada 2021 ini, Agus menjabat sebagai Kabareskrim menggantikan Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diangkat sebagai Kapolri yang baru.

author
No Response

Comments are closed.