Rotasi Kapolda Sulbar, Ini Profil Singkat Sosok Brigjen Eko Budi Sampurno

NTMCPOLRI – Terkait rotasi jabatan ditubuh Polri, Pucuk pimpinan Polda Sulbar sebelumnya, Brigjen Pol Baharuddin Djafar, akan digantikan Brigjen Pol Eko Budi Sampurno. Sementara Baharrudin akan menempati jabatan barunya sebagai Kapolda Maluku dengan pangkat Inspektur Jenderal (Irjen).

Diketahui, Brigjen Pol Eko Budi Sampurno, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Kebijakan Strategis di Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri).

Dari profil singkatnya, Eko merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1989 yang mempunyai segudang pengalaman di Bidang Reserse.

Tak hanya itu, sosoknya juga disebut-sebut merupakan salah satu sosok yang dekat dengan mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji. Saat Susno menjadi Kabareskrim, Eko ditempatkan sebagai Penyidik Utama Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Bareskrim.

Profesionalitas dan komitmen Eko dalam berkarir di instansi Polri tak diragukan lagi. Terbukti, meskipun pada tahun 2010, nama Eko sempat dikaitkan dalam perkara suap penyelidikan Gayus Tambunan yang membuatnya ditempatkan untuk Pamen Mabes Polri. Namun, dugaan suap tersebut dimentahkan kesaksian Kompol Arafat Enanie dalam salah satu persidangan yang menyebutkan Eko menolak mentah-mentah suap Rp 50 juta dalam kasus tersebut dan dianggapnya sebagai penghinaan.

“Konsistensi dan profesionalismenya menjalankan tugas membuat dirinya tetap mendapat kepercayaan pimpinan tinggi Polri pada saat itu, hingga mendapatkan karirnya sebagai Kapolda Sulbar saat ini,” ungkap Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Mashura, melalui keterangannya, Jumat (7/2).

Di balik kontroversi tersebut, Eko juga pernah disebut Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, sebagai salah satu perwira muda yang masuk dalam tim pemikir Tito Karnavian dalam menghadapi pengusulan dirinya menjadi Kapolri.

“Tak hanya itu, selama karirnya di kepolisian, beliau dikenal sebagai taruna yang cerdas. Terbukti dari peringkatnya sejak masuk AKABRI 1989 hingga Sespimti 2014, selalu menduduki peringkat 10 besar. Hal ini menandakan IQ di atas rata-rata,” imbuh Mashura.

Sehubungan dengan jabatan yang dipercayakan kepada dirinya sebagai Kapolda Sulbar, Eko menyatakan kesiapannya melanjutkan estafet kepemimpinan di Sulbar. Selain itu, pihaknya meminta seluruh pihak di Sulbar dapat menjaga sinergitas yang telah dibangun oleh Kapolda sebelumnya demi keamanan dan ketertiban yang tetap kondusif.

“Kami harapkan kerjasama dan bimbingan seluruh pihak di Sulbar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sulbar,” ujar Eko.

author