Satlantas Polres Katingan Bantu Pengendara Melintas Luapan di Jalan

NTMC POLRI – Sebagai bentuk kehadiran Polri di tengah masyarakat, dalam hal ini di lokasi banjir yaitu jalan lintas Kasongan – Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Satlantas Polres Katingan melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di jalan Kasongan – Tumbang Samba, Desa Tumbang Lahang, Kecamatan Katingan Tengah. Selain itu juga membantu mendorong kendaraan mogok serta mendorong rakit buatan warga sekitar supaya pengendara tidak terjebak banjir.

Kasatlantas Polres Katingan AKP Feriza Winanda Lubis, mengatakan di lokasi jalan yang tergenang banjir akibat luapan DAS Katingan disiagakan anggota melaksanakan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga pengguna jalan.

“Akibat luapan DAS Katingan, akses jalan terganggu. Ada empat titik di sepanjang jalur ini, disini kami membantu pengguna jalan guna mewujdukan Kamseltibcar lalu lintas. Kondisi saat ini ketinggian mencapai setinggi lutut orang dewasa,” ucapnya, Senin (13/7/2020).

Kondisi jalan Kasongan – Katingan Tengah tepatnya di Desa Tumbang Lahang, sekitar sepanjang 500 meter terendam dan merupakan cekungan, sehingga begitu terjadi luapan air sungai maka terjadi genangan air yang cukup dalam dilokasi tersebut.

Pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk selalu hati – hati dan mengurangi kecepatan kendaraan bermotornya, karena badan jalan tergenang air warnanya gelap sehingga badan jalan tidak terlihat, sehingga sangat rawan tercebur ke parit.

“Kendaraan roda empat susah melewati, sementara sepeda motor disarankan untuk menggunakan jasa rakit yang dibuat warga, selain itu kami juga memasang rambu peringatan serta anggota dibantu warga akan memandu kenderaan yang melintas guna menghindari lubang maupun parit yang ada di bahu jalan,” pungkas Kasatlantas.

author