Satlantas Tulungagung akan Terapkan ETLE

100 views

NTMC POLRI – Satlantas Polres Tulungagung menargetkan tahun ini akan menerapkan sistem e-tilang atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE).

Penerapan sistem baru itu akan memanfaatkan puluhan kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di beberapa ruas jalan protokol, serta infrastruktur tambahan yang menjadi standar E-TLE.

“Kami menargetkan tahun ini tilang elektronik sudah bisa diterapkan di Tulungagung.

Untuk sementara kami akan menggandeng dinas perhubungan dengan memanfaatkan CCTV yang ada,” ujar Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno, Kamis (23/1/2020).

Menurut AKP Aris beberapa kamera pengawas dinas perhubungan telah memiliki kualitas yang layak, sehingga mampu memantau hingga detail pelat nomor kendaraan.

Rencananya polisi akan menambah beberapa peralatan pendukung sehingga piranti kamera pengawas dinas perhubungan dapat disinergikan dengan E-TLE.

Uji Coba e-Tilang di Surabaya Didominasi Pelanggaran Terobos Lampu Merah
“Penerapan tilang elektronik ini adalah program inovasi dari masing-masing kepolisian daerah,” Lanjut AKP Aristianto

AkP Aris menambahkan, sistem tilang elektronik tersebut dilakukan dengan memantau pergerakan kendaraan para pengguna jalan melalui kamera pengawas terutama di kawasan persimpangan.

Jika ditemukan pelanggaran lalu lintas maka, kamera akan memotret kendaraan dan nomor polisinya.

“Kemudian sistem akan memproses dan nantinya surat tilang akan dikirimkan ke rumah pemilik kendaraan,” jelasnya

Lebih Lanjut Kasat Lantas mengatakan saat ini seluruh kamera pengawas Dishub telah tersinkronisasi dengan command center yang ada di Markas Polres Tulungagung. Pergerakan kendaraan pengguna jalan dapat terpantau langsung di kantor polisi.

Pihaknya berharap dengan penerapan e-tilang akan berdampak besar terhadap kesadaran masyarakat untuk tertib dan mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Pungkasnya

author