Segera Manfaatkan Bebas Denda Pajak Kendaraan dan Biaya Balik Nama untuk Masyarakat Jawa Barat

Nikmati kebebasan menggunakan Kendaraan kesayangan Anda dengan  memanfaatkan Program :

BEBAS

Bebas Bea Balik Nama

Pembebasan BBNKB II termasuk Bebas Denda dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses Balik Nama Kendaraan Bermotor Penyerahan Kedua dan seterusnya di Wilayah Jawa Barat.

Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Pembebasan Denda PKB diberikan kepada seluruh masyarakat yang melakukan proses Pembayaran Pajak Tahunan dikecualikan Pembebasan untuk Pembayaran Permohonan Kendaraan Bermotor Baru, Ubah Bentuk, Ex-dump/Lelang yang belum terdaftar dan Ganti Mesin.

Bebas Tarif Progresif Pokok Tunggakan

Pembebasan Tarif Progresif Pokok Tunggakan diberikan kepada masyarakat yang melakukan proses Balik Nama atas Kendaraan Kepemilikan Kedua dan seterusnya, dan masih memiliki tunggakan, maka dikenakan tarif flat sebesar 1,75%.

DISKON

Diskon Pajak Kendaraan Bermotor

Diskon PKB untuk pembayaran sebelum jatuh tempo dengan ketentuan sebagai berikut :

  • 0-30 hari (1 bulan) PKB dikurangi sebesar 2%;
  • 0-60 hari (2 bulan) PKB dikurangi sebesar 4%;
  • 0-90 hari (3 bulan) PKB dikurangi sebesar 6%;
  • 0-120 hari (4 bulan) PKB dikurangi sebesar 8%;
  • 0-150 hari (5 bulan) PKB dikurangi 10%.

Diskon Tunggakan Tahun ke-5

PKB Tunggakan tahun ke-5 dikurangi 100%

Diskon BBNKB I

Diskon BBNKB I dikurangi sebesar 2,5% dari Pokok Bea Balik Nama I.

Syarat dan Ketentuan

  1. Berlaku bagi orang pribadi yang memiliki dan/atau yang menguasai Kendaraan Bermotor;
  2. Badan, Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Desa;
  3. Dikecualikan Pembebasan untuk pembayaran permohonan Kendaraan Ubah Bentuk, Ex-dump/Lelang yang belum terdaftar dan Ganti Mesin;
  4. Berlaku mulai 1 Agustus 2020 sampai dengan 23 Desember 2020.

Pembayaran PKB Tahunan melalui

Kantor Bersama Samsat, Samsat Keliling, Samsat Gendong, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, E-Samsat Regional (Bank BJB, BCA, BNI), E-Samsat Nasional (Bank BJB, BCA, BRI, BNI, Mandiri, Permata, CIMB Niaga, Bukopin, BTN dan Danamon), Sambara, Samades dan Samsat J’bret (Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Tokopedia, Bukalapak, Kaspro, Loket PPOB dan Bank BJB).

Pembayaran PKB 5 Tahunan (Ganti Plat & STNK)

Kantor Bersama Samsat Induk dimana kendaraan terdaftar.

Pembayaran Bea Balik Nama Kendaraan

Kantor Bersama Samsat Induk dimana kendaraan terdaftar.

Proses Pembayaran Pajak Kendaraan

Persyaratan :

– STNK Asli;
– E-KTP Asli;
– SKKP/SKPD Terakhir;
– BPKB Asli (Khusus Wilayah Polda Metro Jaya atau Khusus Pembayaran Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor);
– Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai Domisili (Khusus Pembayaran Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor);
– Bukti Hasil Cek Fisik (Khusus Pembayaran Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor).

Mekanisme :

Wajib Pajak melakukan :
– Pengecekan Fisik Kendaraan (Khusus Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor);
– Pengecekan kepemilikan Kendaraan Bermotor di Loket Progresif;
– Penyerahan kelengkapan persyaratan di Loket Pendaftaran.

Petugas melakukan penetapan besaran Pajak dan SWDKLLJ serta melakukan penetapan besaran PNBP STNK dan TNKB (Khusus Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor) melalui pencetakan NPPKB.

Wajib Pajak melakukan :
– Pembayaran PKB dan SWDKLLJ serta PNBP STNK dan TNKB (Khusus Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor) di Loket Pembayaran;
– Penerimaan SKPD/SKKP yang diregister dan STNK (Khusus Pajak 5 Tahunan/Ganti Plat Nomor) atau STNK yang telah disahkan (Untuk daftar ulang Tahunan) di Loket Penyerahan.

Proses Balik Nama Kendaraan Bermotor

Persyaratan :

– STNK Asli;
– E-KTP Pemilik Baru Asli (Gunakan Surat Keterangan dari Disdukcapil apabila E-KTP belum jadi)
– SKKP/SKPD Terakhir;
– BPKB Asli;
– Surat Bukti Pengalihan Kepemilikan;
– Kendaraan dihadirkan di Samsat sesuai Domisili;
– Bukti Hasil Cek Fisik;
– Semua Berkas difotokopi.

Mekanisme :

Wajib Pajak melakukan :
– Pengambilan Dokumen Arsip di Depo Arsip;
– Pengecekan Fisik Kendaraan;
– Pendaftaran di Loket BPKB dengan menyerahkan kelengkapan persyaratan;
– Pembayaran biaya PNBP BPKB di Loket Pembayaran untuk mendapatkan Resi;
– Pengecekan kepemilikan Kendaraan Bermotor di Loket Progresif;
– Pendaftaran dan Penyerahan dokumen yang telah lengkap ke Loket Pendaftaran.

Petugas melakukan penetapan besaran PKB, BBNKB (0%), SWDKLLJ dan PNBP melalui pencetakan NPPKB.

Wajib Pajak melakukan :
– Pembayaran PKB, BBNKB (0%), SWDKLLJ, Biaya PNBP STNK dan Biaya PNBP TNKB (Plat Nomor) di Loket Pembayaran;
– Penerimaan SKPD/SKKP yang diregister dan STNK di Loket Penyerahan;
– Penyerahan fotokopi STNK/Resi ke Workshop TNKB untuk menerima TNKB (Plat Nomor) baru.

Tags:
author
Visit Media oleh Kapolda Kepri dilaksanakan di Gedung Graha Pena Batam Centre Dan Kantor Tribun Batam, Batu Ampar, Kota Batam, Kamis (30/7/20). Kunjungan pertama Kapolda Kepri beserta rombongan menyambangi Gedung Graha Pena.  Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kepri mengucapkan terima kasih kepada awak media batam pos, RRI Batam dan Batam TV atas kerja sama dalam mendukung kamtibmas di Kepri sekaligus meminta koreksi bila ada kekurangan Polda Kepri dalam pelaksanaan tugas di lapangan mengamankan Kamtibmas di Kepri.  “Kegiatan ramah tamah dan silaturahmi dengan rekan-rekan media ini sebelumnya sudah direncanakan dari jauh hari, namun pada hari ini baru bisa terwujud,” ucap Kapolda Kepri.  Kapolda Kepri juga menghimbau kepada rekan-rekan media agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat melalui medianya untuk mematuhi protokol kesehatan.  Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kapolda Kepri, Direktur Batam Pos, Socrates mengatakan bahwa selama masa Pandemi ini kami memiliki penyaringan yang ketat dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat sehingga informasi tersebut tidak menjadi rancu dan dapat memprovokasi masyarakat, tujuannya agar Kamtibmas tetap aman, Apalagi disaat pandemi covid -19 saat ini.  kapolda visit media1  Selanjutnya Kapolda Kepri dan rombongan menuju ke Kantor Tribun Batam, pada kesempatan tersebut Pimpinan Redaksi Tribun Batam Danang Purwoko Raharjo mengatakan terima kasih dan pihaknya mengaku merasa sangat istimewa atas kunjungan dari Kapolda Kepri, Wakapolda Kepri dan para pejabat utama Polda Kepri.  “Besar harapan, silaturahmi dan kerja sama ini dapat terus terjalin agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan damai serta tidak memperkeruh suasana, dapat mengedukasi masyarakat, itu harapan kita bersama terutama disaat pemilu nanti,” ujar Danang Purwoko Raharjo.  Pada kesempatan tersebut Kapolda kepri juga menyampaikan ucapan terimakasih atas keramahtamahan sambutan yang diberikan dan membantu tugas polri terutama ditengah situasi Pandemi ini.  “Masyarakat kita adalah masyarakat heterogen yang cukup terbuka dan mempunyai solidaritas yang tinggi, apalagi disaat masa pandemi ini, terimakasih atas dukungan kepada kami melalui pemberitaan yang berimbang,” imbuh Kapolda Kepri.  Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si, Wakapolda Kepri, Para pimpinan media dari Batam Pos, RRI Batam, Batam TV dan Tribun Batam, serta Pejabat Utama Polda Kepri.
Visit Media oleh Kapolda Kepri dilaksanakan di Gedung Graha Pena Batam Centre Dan Kantor Tribun Batam, Batu Ampar, Kota Batam, Kamis (30/7/20). Kunjungan pertama Kapolda Kepri beserta rombongan menyambangi Gedung Graha Pena. Dalam kesempatan tersebut Kapolda Kepri mengucapkan terima kasih kepada awak media batam pos, RRI Batam dan Batam TV atas kerja sama dalam mendukung kamtibmas di Kepri sekaligus meminta koreksi bila ada kekurangan Polda Kepri dalam pelaksanaan tugas di lapangan mengamankan Kamtibmas di Kepri. “Kegiatan ramah tamah dan silaturahmi dengan rekan-rekan media ini sebelumnya sudah direncanakan dari jauh hari, namun pada hari ini baru bisa terwujud,” ucap Kapolda Kepri. Kapolda Kepri juga menghimbau kepada rekan-rekan media agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan selalu mensosialisasikan kepada masyarakat melalui medianya untuk mematuhi protokol kesehatan. Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kapolda Kepri, Direktur Batam Pos, Socrates mengatakan bahwa selama masa Pandemi ini kami memiliki penyaringan yang ketat dalam mempublikasikan informasi kepada masyarakat sehingga informasi tersebut tidak menjadi rancu dan dapat memprovokasi masyarakat, tujuannya agar Kamtibmas tetap aman, Apalagi disaat pandemi covid -19 saat ini. kapolda visit media1 Selanjutnya Kapolda Kepri dan rombongan menuju ke Kantor Tribun Batam, pada kesempatan tersebut Pimpinan Redaksi Tribun Batam Danang Purwoko Raharjo mengatakan terima kasih dan pihaknya mengaku merasa sangat istimewa atas kunjungan dari Kapolda Kepri, Wakapolda Kepri dan para pejabat utama Polda Kepri. “Besar harapan, silaturahmi dan kerja sama ini dapat terus terjalin agar terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan damai serta tidak memperkeruh suasana, dapat mengedukasi masyarakat, itu harapan kita bersama terutama disaat pemilu nanti,” ujar Danang Purwoko Raharjo. Pada kesempatan tersebut Kapolda kepri juga menyampaikan ucapan terimakasih atas keramahtamahan sambutan yang diberikan dan membantu tugas polri terutama ditengah situasi Pandemi ini. “Masyarakat kita adalah masyarakat heterogen yang cukup terbuka dan mempunyai solidaritas yang tinggi, apalagi disaat masa pandemi ini, terimakasih atas dukungan kepada kami melalui pemberitaan yang berimbang,” imbuh Kapolda Kepri. Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si, Wakapolda Kepri, Para pimpinan media dari Batam Pos, RRI Batam, Batam TV dan Tribun Batam, serta Pejabat Utama Polda Kepri.