Sejumlah Personel Polres Gresik Bersama Kodim Ikutin Latihan Pemusaran Jenazah Covid-19

NTMC POLRI – Sebanyak 17 anggota Bhabinsa Kodim 0817, 14 anggota Sabhara Polres Gresik, 5 orang dari Dinas Kesehatan Gresik serta 7 anggota Dokkes Polres Gresik melakukan pelatihan pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menjelaskan, pelatihan ini juga dimungkinkan untuk membentuk Tim gabungan dalam rangka mengantisipasi permasalahan membawa pulang jenazah pasien positif Corona (covid-19) tanpa melalui prosedur protokoler kesehatan.

“Kegiatan gabungan pemulasaraan jenazah covid-19 ini sebagai pelaksana dan mendapatkan materi dari dinas kesehatan Kabupaten Gresik,” kata AKBP Arief Fitrianto.

Sementara itu Kasubag Humas Polres Gresik AKP Bambang menjelaskan, materi yang diberikan mulai dari cara penanganan pertama jenazah sampai dengan jenazah di kuburkan.

“Meskipun status jenazah masih belum diketahui positif atau negatif covid namun tetap dilaksanakan pemakaman sesuai dengan protokoler covid-19,” terang dia.

Dalam penanganan pemakaman jenazah, petugas harus menggunakan APD lengkap mulai dari face Shield, kaca mata, sarung tangan lateks dan ditambah sarung tangan luar, sepatu boot. Hal tersebut, dilakukan mengantisipasi adanya kemungkinan penularan apabila di kemudian hari diketahui jenazah benar-benar confirm covid-19. 

“Apron yang digunakan oleh petugas merupakan berbahan serat mikro untuk mencegah masuknya virus covid-19,” sebut Kasubag Humas Polres Gresik.

author