Siaga Bencana, DVI Polri dan Korps Brimob Hadir Untuk Kemanusiaan

NTMCPOLRI – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Indonesia yang di prediksi terjadi hingga Maret 2021 mendatang, Pusdokkes dan Korps Brimob Polri menggelar apel siaga DVI Polri dengan tema ‘DVI Polri Hadir Untuk Kemanusiaan’, bertempat di lapangan Satuan Latihan Korbrimob Polri, Cikeas, Jawa Barat. Senin, (14/12/2020).

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara virtual ini, diikuti kurang lebih sebanyak 4.120 personel Brimob dan Biddokkes Polda di seluruh Indonesia yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan DVI dari Pusdokkes Polri.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. Dr. dr. Rusdianto, M.M, M.Si, DFM. Selaku pimpinan apel mengajak jajaran Brimob dan Dokkes Polri untuk selalu melakukan koordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah, BNPB/BPBD, TNI serta stakeholder lain yang terlibat dalam penaggulangan bencana.

“Brimob dan Dokkes Polri harus selalu berkoordinasi, kolaborasi dan komunikasi dengan stakeholder lain yang terlibat dalam penaggulangan bencana serta melaksanakan sosialisasi dan bimbingan kepada masyarakat terkait potensi bencana alam serta penanganannya, terutama pertolongan pertama dan evakuasi agar masyarakat dapat mengantisipasi dan mampu melaksanakan secara mandiri”, ujar Rusdianto.

Pada kesempatan apel siaga DVI Polri, yang dihadiri langsung oleh Komandan Korps Brimob Polri Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko beserta para pejabat utama Korbrimob dan Pusdokkes Polri, ditampilkan juga simulasi DVI berupa peragaan Prosedur Fase I DVI hingga olah TKP bencana yang diperagakan oleh personel dari Pusdokkes Polri, Biddokkes Polda Metro Jaya dan anggota Korbrimob Polri.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan dialog interaktif melalui video conference Dankor Brimob dan Kapusdokkes Polri dengan para Dansat Brimob dan Kabiddokkes Polda.

Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko menyampaikan kepada awak media bahwa personel Korps Brimob Polri melakukan pelatihan DVI dalam konteks kemanusiaan.

“Ini adalah suatu pertanggungjawaban kita kepada negara, bahwa negara hadir dalam konteks kemanusiaan. Kecepatan merespon ini adalah tanggung jawab kami sebagai anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia”, pungkas Dankor Brimob Polri.

author
No Response

Comments are closed.