Sindikat Curanmor Kobar Diringkus, 20 Unit Motor Diamankan

NTMCPOLRI – Sindikat pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) lintas Provinsi dengan tiga orang tersangka bersama barang bukti 20 unit sepeda motor hasil curian diamankan Polres Kotawaringin Barat (Kobar).

Kapolres Kobar AKBP Devy Firmansyah menyampaikan, pelaku curanmor yakni berinisial R, MF dan H. Ketiganya diamankan di tempat terpisah, RF dan R diamankan di Kelurahan Mendawai, Kecamatan Arut Selatan, sedangkan H diamankan di Kecamatan Kotawaringin Lama.

“Pelaku R dan MF ini diamankan saat mencuri motor di Jalan Abdul Ancis, mereka ketahuan pemilik motor dan ditangkap warga, sementara H berhasil kabur ditangkap di tempat terpisah,” ujar Devy, Selasa (23/2) saat pers release di Mapolres Kobar.

Saat ditangkap, lanjut Devy, pelaku MF terdesak dan menusukan kunci T hingga melukai warga, berdasarkan keterangan pelaku, ia menusukan kunci T tersebut bermaksud untuk membela diri karena ditangkap warga.

“Namun apa yang dilakukannya tetaplah salah, karena sudah mencuri, ditambah menusukkan kunci yang digunakan untuk mencuri melukai warga yang berusaha menangkapnya,” tandasnya.

Ketiga pelaku tersebut berasal dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), mereka mengincar motor korban yang berada di Kalimantan Tengah secara acak, ketika berhasil melakukan pencurian, hasil curiannya dibawa ke Kalbar untuk dijual.

“Pelaku mengambil kendaraan dengan cara merusak kontak dengan obeng, kunci T dan memutus kabel kontak menggunakan pisau dan gunting,” tuturnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dikenakan pasal 363 KUHP, dengan ancaman pidana penjara selama 7 tahun. Perlu diketahui untuk tersangka MF merupakan residivis kasus yang sama di Lamandau dan Sukamara. Pada 2015 ia divonis penjara 6,5 tahun. Lalu pada 2018, tersangka juga telah melakukan tindak pidana kejahatan curas divonis 11 bulan. “Untuk tersangka MF ini kemungkinan bisa dihukum lebih tinggi,” imbuhnya.

Devy mengimbau kepada masyarakat Kalteng yang merasa kehilangan kendaraan agar segera melapor. Apabila ada korban di wilayah lain, maka barang bukti akan dilimpahkan ke wilayah tersebut.

“Jadi silahkan masyarakat yang merasa kehilangan motor buat laporan kehilangan. Sebab ada sejumlah kendaraan yang tidak ada plat nomornya dan juga nomor rangka yang sudah dirusak,” tutupnya.

Tags:
author
No Response

Comments are closed.