Sinergitas Ormas Keagamaan dan Polresta Banyuwangi Kawal Pengamanan Nataru

NTMCPOLRI – Ormas keagamaan di Banyuwangi mendukung kegiatan pengamanan menjelang perayaan Natal dan tahun baru. Bahkan mereka akan ikut serta mengamankan jalannya perayaan suci setahun sekali itu.

Salah satunya adalah Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi. Ormas agama Islam ini bakal mendukung sepenuhnya pengamanan Natal dan tahun baru melekat dengan pihak kepolisian.

“Kami melekat nanti. Tidak melakukan¬†sweeping. Karena tidak ada pasal atau hadisnya untuk melakukan¬†sweeping,” ujar Ketua PCNU Banyuwangi KH Ali Makki Zaini saat menggelar pertemuan dengan Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin di Rupatama Mapolresta, Kamis (12/12/2019).

Sebanyak 2.500 personel Banser bakal siap mengamankan perayaan Natal dan tahun baru. Banser tersebut bersifat¬†on call, jika dibutuhkan oleh aparat pengamanan. “Kami tidak bergerak sendiri. Jika dibutuhkan, kami siap melakukan pengamanan bersama polisi dan TNI,” ujarnya.

Saat ini, kata Ali Makki, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menjaga keharmonisan antarumat beragama yang sudah terjalin dengan baik.

Sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai suku, agama, dan bahasa, sudah seyogianya menghargai perbedaan dan keyakinan masing-masing sehingga tercipta kehidupan sosial yang damai.

“Selama ini hubungan antarumat beragama di Banyuwangi berjalan harmonis. Antarumat beragama saling menghormati dan menghargai atas keyakinan masing-masing. Hal tersebut tidak lepas dari komunikasi yang baik serta pemahaman masyarakat akan pluralisme dan keberagaman,” tambahnya.

Oleh sebab itulah, kata Gus Makki, pada momen perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru) ini, PCNU Banyuwangi juga mengambil peran membantu aparat kepolisian dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Kewajiban kita adalah menciptakan kondisi aman, nyaman, dan damai. Untuk itulah kami membantu polisi dalam pengamanan Nataru. Jadi tidak boleh Banser (banom NU) patroli sendiri. Melanggar kalau seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Kapolresta Banyuwangi AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PCNU yang selalu bersama aparat kepolisian dalam menciptakan kamtibmas.

Selain dengan NU, pihaknya menggandeng sejumlah ormas, seperti Muhammadiyah dan LDII, dalam pengamanan Nataru.

“Kami berharap, dengan sinergi Polresta Banyuwangi dengan sejumlah ormas dan elemen masyarakat, perayaan Nataru dapat berjalan dengan lancar tanpa ada satu pun kondisi yang mengganggu kamtibmas,” tutupnya.

author