Sistem 2-1 Kawasan Puncak Pengganti One Way

44 views

NTMCPOLRI – Sistem satu arah (oneway) masih diberlakukan di kawasan Puncak, Jawa Barat hari ini dan akan diberlakukan sistem 2-1 mulai pekan depan. Kondisi lalu lintas terpantau macet di beberapa titik saat ini.

Pantauan di sekitar Athalia Resort, Minggu (13/10/2019), pukul 09.23 WIB, kendaraan dari arah Gadog menuju ke arah Puncak Pass bisa melaju dengan lancar. Tak terlihat ada kemacetan di sekitar jalan.

Penelurusan dilakukan dan ketika di Simpang Megamendung, terjadi sedikit kemacetan. Kemacetan terjadi karena ada kendaraan yang ingin berbelok ke arah Hotel Megamendung Permai.

Kemacetan juga terjadi dikarenakan ada angkutan umum yang berhenti untuk mencari penumpang. Namun, kemacetan di titik ini tidak lah panjang. Usai melewati simpang ini, lalu lintas kembali lancar. Saat di sekitar Simpang Hankam, lalu lintas akan macet kembali. Kemacetan di titik ini, cukup panjang.

Hal ini dikarenakan akses masuk ke arah Curug Tujuh Cilember, kecil. Selain itu, juga disebabkan ada angkot yang berhenti dan banyak kendaraan juga yang keluar untuk masuk ke Jalan Raya Puncak. Sekitar 800 meter sampai ke sekitar Pasar Cisarua, kemacetan kembali terjadi. Namun, kemacetan di tempat ini, terpantau tidak panjang.

Kemacetan di sekitar Pasar Cisarua juga terjadi karena ada kendaraan yang akan berbelok masuk atau keluar dari Jalan Siliwangi. Usai melewati titik ini, lalu lintas akan kembali lancar. Pada pintu masuk Taman Safari Indonesia (TSI), lalu lintas terlihat lancar. Tidak ada penumpukan kendaraan di titik ini. Dari TSI sampai ke arah Gunung Mas, lalu lintas lancar. Kendaraan dapat melaju tanpa ada hambatan.

Dari Gunung Mas sampai sekitar Riung Gunung, lalu lintas terpantau lancar. Pada titik ini, dilakukan penutupan jalur dengan ditaruhnya satu plang. Kendaraan dari arah Puncak Pass pun terpantau memarkirkan kendaraannya untuk menunggu sampai one way ke bawah (Cisarua-Gadog) dibuka.

Meski demikian, lalu lintas untuk kendaraan yang mengarah ke Puncak Pass, terpantau lancar. Sampai di sekitar Masjid Atta’awun, arus lalu lintas terpantau lancar. Banyak pengendara yang dari arah Cianjur, menepikan kendaraannya dan beristirahat di rest area.

author