Sosok Calon Tunggal Kapolri di Mata Keluarga

107 views

NTMC Polri – Kabareskrim Komjen Idham Azis, merupakan sosok yang disiplin dalam menerapkan aturan kepada anaknya. Hal tersebut disampaikan oleh anak pertamanya, Ilham Urane Azis, di hadapan anggota Komisi III DPR RI yang tengah menyambangi kediaman calon tunggal Kapolri itu.

“Menanamkan hal-hal yang prinsip, yang pertama adalah kedisiplinan. Ayah saya adalah orang yang sangat disiplin, menerapkan aturan-aturan seperti kerapihan dan aturan lainnya,” kata Ilham di Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Kedisiplinan yang sudah tertanam di dalam diri Komjen Idham Azis, yang dirasakan oleh Ilham dan adik-adiknya. Salah satu contonya, saat Idham tidak membolehkan mereka membawa kendaraan sebelum mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM)

“Contoh nyata dalam kehidupan saya sebelum umur 17 tahun. Saya betul-betul dilarang untuk mengendarai kendaraan sama sekali, begitu saya berumur 17 tahun dan memiliki KTP, saya baru mulai diberikan pelajaran untuk mengemudi dan setelah saya memiliki SIM, saat itulah saya baru boleh mengendarai kendaraan,” ungkap Ilham.

Menurut Ilham, selama dirinya belum memiliki SIM, Ia sama sekali tidak boleh membawa kendaraan. Hal tetsebut merupakan bentuk implementasi Komjen Idham Azis sebagai seorang Bapak yang menegakkan aturan hukum bahkan di keluarga.

Komjen Idham mengatakan, bukan hanya soal kedisiplinan, dirinya juga ingin agar anak-anaknya selalu mengutamakan sang istri atau ibu dari keempat orang anaknya tersebut.

“Kemudian yang Ayah tanamkan ke saya adalah bahwa selalu mengutamakan Ibu, untuk selalu mengutamakan ibu. Hal-hal tersebut yang saya lihat dari Ayah sebagai sesuatu yang menonjol, seseorang yang memegang teguh prinsip,” tutup Ilham yang merupakan Taruna Akpol tingkat III.

Sebelumnya, rombongan Komisi III DPR menyambangi kediaman Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis. Kedatangan rombongan tersebut terkait dengan dimulainya fit and proper test terhadap Komjen Idham sebagai calon Kapolri, menggantikan Tito Karnavian yang sekarang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

author