Tiga Pelaku Pembobol Mesin ATM di Manado Dicokok Polisi

NTMC Polri – Kepolisian Resort Kota Manado melalui Tim Opsnal Unit Ranmor, berhasil menangkap 3 orang pelaku pembobolan mesin ATM yang terletak di Kecamatan Mapanget, Kota Manado. Salah satu dari ketiga pelaku diketahui bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan pihak kedua yang bergerak di jasa penyediaan uang di ATM.

Ketiganya pelaku masing-masing RM alias Roknel (31) dan GW alias Glen (29), warga Kelurahan Sumompo Lingkungan 2, Kecamatan Tuminting, dan WP alias Winly (28) warga Perum Viola Watutumou, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Mereka ditangkap di tempat berbeda.

Berdasarkan keterangan dari kepolisian, kasus pembobolan bank ini dilakukan ketiga tersangka pada Rabu (30/10/2019) sekitar pukul 02.10 WITA dini hari. Pencurian pun dilakukan dengan rapi, dimana kedua pelaku yakni RM alias Rok dan WP alias Win yang bekerja di perusahaan penyedia uang di ATM, menggunakan kunci utama untuk melakukan pembobolan.

“Jadi, pelaku RM alias Roknel yang adalah petugas monitoring meminta kunci utama ATM kepada WP alias Winly yang merupakan teknisi di perusahaan. Setelah itu, bersama dengan GW alias Glen yang juga saudara mereka melakukan pembobolan ATM di Mapanget,” kata Kapolresta Manado Kombes Pol Benny Bawensel SIK.

Total yang berhasil diambil dari ATM yang ada di Mapanget tersebut sebesar Rp190,9 juta dengan pembagian masing-masing, Winly memperoleh Rp60 juta, Glen Rp50 juta dan sisanya Rp80,9 juta dikantongi Roknel.

Ketiganya sendiri menggunakan uang hasil pembobolan ATM untuk berfoya-foya. Bahkan, Glen satu dari 3 tersangka, berhasil ditangkap saat berada di salah satu cafe yang ada di kawasan bisnis Manado. Saat tertangkap, ketiganya ternyata telah menghabiskan uang sebesar Rp70,9 juta. Polisi hanya berhasil menyita Rp129 juta dari ketiganya.

“Ketiganya kini sudah diamankan dan dalam proses hukum. Ketiga tersangka sendiri akan dikenakan pasal 363 KUHP,” tutup Bawensel.

author