Tim Buser Berhasil Tangkap Pelaku Ujaran Kebencian di Manokwari

NTMC Polri – Tim Buser Polres Manokwari telah berhasil mengamankan pemilik akun media sosial Facebook dengan atas nama “Novali Lina”, terkait dengan postingan yang mengandung ujaran kebencian terhadap Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, pada Rabu (9/10/2019).

Pemilik akun media sosial yang berinisial asli MR alias AO (25 Tahun) berstatus oknum mahasiswa di Kabupaten Manokwari.

Kapolres Manokwari menjelaskan, menurut hasil interogasi awal usai ditangkap, MR mengakui perbuatannya dan pemilik akun Facebook atas nama Novali Lina adalah dirinya dan Ia kelola sendiri.

“Jenis motif ujaran kebenciannya adalah menyerang institusi Kepolisian dan diviralkan kepada masyarakat melalui akun media sosial. Dari pengembangan lainnya, ternyata MR memiliki tiga akun, namun dua akun menggunakan nama palsu wanita dan menyerang institusi Kepolisian,” jelas Kapolres Manokwari.

Sejumlah barang bukti diamankan oleh Tim Buser Polres Manokwari diantaranya dua buah handphone.

Kaporles Manokwari mengungkapkan bahwa saat ini MR sudah dititipkan ke rumah tahanan Polda Papua Barat.

“Jadi biar masyarakat tahu bahwa MR ditangkap dan bukan diculik. Dasar penangkapan jelas yakni menggunakan akun palsu untuk sampaikan informasi kebencian dan menyerang institusi Kepolisian” tegas Kapolres Manokwari.

Pelaku MR dijerat dengan Undang-undang ITE Pasal 25 Jo Pasal 28 Jo Pasal 27 dengan ancaman 6 tahun penjara. Untuk keterlibatan MR dengan kasus lainnya, tentu akan didalami.

Sebelumnya, Pelaku MR diketahui memposting ujaran kebencian dengan kalimat penghinaan kepada Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw pada 6 Oktober 2019, sehingga berdampak pada banyaknya respon dari warganet.

author