Tim Saber Pungli Polresta Bogor Amankan Kades Hambalang

NTMCPOLRI – Tim sapu bersih (saber) Pungli Polresta Bogor Kota mengamankan Kepala Desa Hambalang, Kabupaten Bogor, Encep Dani (49), karena diduga memeras warga yang mengurus alih fungsi tanah, Senin (4/9) pukul 16.30 WIB.

Penangkapan dilakukan di salah satu restoran di Jalan Padjajaran, Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Dari hasil tangkapan, Polisi juga menyita uang tunai Rp20 juta diduga sisa pembayaran dari permintaan terduga.

Menurut polisi korban pemerasan itu, warga bernama Ferry Manulang. “Korban ini dimintai uang dalam proses alih lahan,”kata Kasubag Humas Polresta Bogor Kota, AKP Syarief Hidayat Selasa (5/9/2017) siang.

Menurut AKP Syarief, penangkapan pelaku berawal dari laporan korban kepada tim saber pungli Polresta Bogor Kota.

Korban yang tengah mengurus alih lahan seluas 2. 224 meter persegi diminta biaya sebesar Rp15 ribu/meter persegi atau sekitar Rp 33.360.000.

“Awalnya korban keberatan dengan biaya yang diminta tersangka. Tapi karena korban butuh dan tak berdaya lantaran dipersulit dalam proses pengurusan tanah, akhirnya pasrah,”ujar AKP Syarief.

Pemberian awal Rp 12.360.000 dalam dua tahap. Sementara sisanya Rp20 juta dibayarkan saat berlangsung operasi tangkap tangan.

“Saat transaksi dan pelaku terima uang, tim saber langsung melakukan penangkapan. Transaksi berlangsung disebuah rumah makan,”paparnya.

Saat sadar di depannya ada anggota polisi, pelaku kaget. Ia tak bisa berkutik selain pasrah, saat digiring ke mobil menuju kantor polisi.

“Pelaku langsung dibawa ke Polresta Bogor Kota guna dimintai keterangan. Kami sita uang tunai Rp20 juta dan sejumlah barang bukti lainnya,”tandasnya.

author