Tim Satgas Karhutla Mengamankan Seorang Pria di Jambi karena Membakar Lahan

NTMC POLRI – Seorang pria bernama Sitompul di Jambi diamankan Tim Satgas Karhutla karena kedapatan membakar area hutan. Pelaku membakar lahan di kawasan hutan produksi di Kecamatan Mandiangin, Sarolangun, Jambi.si Jambi A Bastari kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

Penangkapan pelaku dilakukan pada Rabu (31/7), saat tim Satgas melihat kepulan asap. Tim kemudian mencari sumber asap tersebut dan menemukan pelaku yang sedang membakar.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku menebang dulu pohon-pohon di kawasan hutan tersebut. Tim Satgas Karhutla juga mengamankan barang bukti berupa korek api di lokasi.

“Dari pengakuan tersangka ini, ia sengaja melakukan pembakaran dengan cara membakar untuk menanam lahan perkebunan. Pengakuannya seperti itu setelah kita lakukan pemeriksaan,” kata Kepala Dinas Kehutanan Provin

Adapun luas area hutan dan lahan yang terbakar sepanjang Januari-Juli 2019 mencapai 171 hektare di Jambi. Pelaku dijerat dengan UU Kehutanan.

“Untuk mengatasi karhutla ini, kita sudah menerjunkan personel TNI sebanyak 500 personel. Nantinya personel TNI itu akan kita geser ke kawasan yang rawan bencana karhutla untuk mencegah adanya kebakaran,” kata Dansatgas Karhutla Jambi Kolonel Arh Elphis Rudy.

author