Tingkatkan SDM, Tim Assesor Ditregident Korlantas Uji Sertifikasi Kompetensi Petugas Penerbit BPKB 2021

 

NTMCPOLRI – Tingkatkan sumber daya manusia dalam mendukung Polri yang Presisi, sebanyak 30 peserta gelombang pertama perwakilan dari berbagai Polda se-Indonesia menjalani pelatihan dan pengujian sertifikasi kompetensi petugas penerbit BPKB tahun 2021 yang digelar oleh Direktorat Regident Korlantas Polri.

“Nanti para peserta yang kami asessment akan direkomendasikan apa tidak direkomendasikan tergantung daripada persyaratan maupun kemampuan dan keterampilan dari masing-masing para peserta yang mengikuti asesmen.” Tutur Kasi Anev Subdit STNK Korlantas Polri, AKBP Muhar Lamadi, di Pusat Pendidikan Sebahasa Polri, Jaktim, Senin (22/2/2021).

Dalam uji praktik sertifikasi kompetensi, Tim assesor Korlantas bersama Lembaga Sertifikasi Polri menuntut seluruh peserta mampu mempresentasikan dari dasar hukum penerbitan BPKB, cek fisik kendaraan secara digital hingga pengarsipan serta mempraktikkan langkah-langkah pelayanan penerbitan BPKB oleh pemohon mulai dari pengisian formulir permohonan hingga penyerahan BPKB.

“Ini adalah bagian pelaksanaan dari peningkatan sumber daya manusia dari seluruh Polda di Indonesia. Pelaksanaan assessment hari ini sampai dengan besok, semoga berjalan dengan lancar.” Terang AKBP Muhar.

Pelatihan dan sertifikasi kompetensi petugas penerbit BPKB tahun 2021 digelar sejak 15 Februari 2021 akan berlangsung hingga tanggal 24 Februari 2021 mendatang.

Kasi Anev Subdit STNK Korlantas Polri, AKBP Muhar Lamadi, yang juga selaku tim Assesor kompetensi sertifikasi, menerangkan peserta pelatihan secara keseluruhan berjumlah 90 peserta. Dikarenakan petunjuk peraturan situasi dan kondisi protokol kesehatan Covid-19, peserta dibagi menjadi 3 gelombang. Di setiap gelombang dibatasi 30 peserta.

Sementara peserta perwakilan dari Polres Bireun Polda Aceh, Aipda Rismunadi saat ditemui menyebutkan pengalamannya dari mengikuti assessment gelombang pertama penerbit BPKB yakni bertambahnya wawasan dan pengetahuan di bidang BPKB.

“Semoga semua petugas yang membidangi BPKB ini bisa lulus dengan nilai kompetensi yang baik, dan kedepan polisi yang membidangi bagian BPKB ini lebih profesional, terpercaya dan tetap jaya,” harapnya.

 

Senada dengan Aipda Rismunadi, Polwan perwakilan Polda Jateng, AKP Dwi Panji menyampaikan pelaksanaan kegiatan sangat-sangat bermanfaat bagi kami peserta dari daerah karena dapat bertukar pikiran, bertukar pengalaman dan jaringan, serta mengetahui rule peraturan yang seharusnya di lakukan oleh petugas.

“Luar biasa instrukturnya, sarana prasarana juga sudah mendukung sangat baik. Kemudian Asesornya juga profesional. Semoga ke depannya untuk kegiatan sertifikasi dan pelatihan ini mungkin untuk kuota lebih sehingga diharapkan rekan-rekan yang di wilayah ataupun pelaksana langsung bisa memiliki standarisasi yang bagus sehingga kita menjadi yang profesional.” Tutur AKP Dwi Puji.

ntmcpolri.info

author
No Response

Comments are closed.