Tips Aman Mengendarai Motor Saat Hujan

81 views

NTMC POLRI – BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat disertai petir terjadi di sejumlah daerah hingga sepekan ke depan.

“Dalam sepekan ke depan diprakirakan potensi hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan petir,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono R Prabowo dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

Saat musim penghujan para pengendara motor sebaiknya lebih berhati-hati dan juga melakukan beberapa hal demi keamanan di jalan. Mengingat pengendara motor yang lebih memiliki resiko besar di jalan maka sebaiknya memperhatikan hal berikut :

1. Gunakan Jas Hujan Celana
Pengendara motor sebaiknya jangan mengunakan Jas hujan model ponco. Karena bagian jas hujan yang melambai bisa tersangkut pada gir ban motor belakang. Tidak sedikit pengendara mengalami kecelakaan akibat kejadian tersebut

2. Jangan Mengebut Meski Hujan Sudah Berhenti
Sebaiknya pengendara melajukan motor dengan lebih pelan. Jalan yang licin sangat beresiko bagi motor apalagi bila ban motor sudah botak. Selain itu motor yang melaju dengan cepat juga bisa jatuh tergelncir saat melakuan rem mendadak

3. Berteduh Di Tempat Aman
Berteduhlah di tempat yang benar-bear aman tidak mengganggu pengendara lain. Jangan menghentikan motor di sembarang tempat seperti di bawah Fly Over dll.

4. Meningkatkan Kewaspadaan
Hujan lebat selain membatasi jarak pandang juga menutupi jalan dengan genangan air. Akibatnya beresiko terperosok pada lubang yang tertutup air. Maka sebaiknya kemudikan motor pelan-pelan sembari mencari tempat berhenti yang aman dan tidak menggangu pengendara lain.

Demikianlah tips berkendara motor yang aman saat hujan. Dan jangan lupa tetaplah mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keamanan dan kenyaman di jalan. Ingat, keluarga menantikan kedatangan anda dengan selamat.

author