Tips Berbelanja Online, Hindari Kejahatan Dunia Maya

NTMC POLRI – Hanya dengan meng-klik mouse maupun menyentuh layar handphone, Anda dapat membeli berbagai kebutuhan secara online – mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga mobil. Dunia electronic commere telah memungkinkan konsumen berbelanja di ribuan toko online dan membayarnya tanpa harus meninggalkan di rumah.

Kehadiran internet jelas telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat modern. Mereka tak lagi memerlukan banyak waktu keluar-masuk toko mencari kebutuhan karena semua telah tersedia secara online.

Meski menjanjikan pengalaman berbelanja paling nyaman, berbelanja secara online tetap membutuhkan kecermatan. Hal ini dikarenakan ada beberapa oknum nakal yang ternyata memanfaatkan layanan ini untuk keuntungan pribadi. Hasilnya, Anda bukannya mendapatkan barang idaman malah seperti “menyumbangkan” uang secara cuma-cuma.

Berikut kami informasikan beberapa tips agar anda dapat lebih berhati-hati untuk melakukan transaksi berbelanja online, yaitu:

1. Pilih password yang unik, cerdas, dan aman untuk setiap akun online yang anda miliki

2. Hapus email dari pengirim yang tidak dikenal dan jangan klik lampiran atau link pada email yang terlihat mencurigakan.

3. Waspadalah terhadap perangkap untuk mengklik link dari situs media sosial. Sebelum mengklik, arahkan mouse ke link untuk melihat tujuannya. Hanya klik pada link yang mengarah ke halaman perusahaan terkemuka dan resmi

4. selalu pantau akun rekening keuangan terkait aktivitas yang tidak biasa.

5. Jangan menunda menginstall software keamanan. Pastikan software selalu dalam keadaan terbaru

6. Gunakan solusi backup aman untuk melindungi file dan backup secara teratur sehingga penjahat tidak dapat menggunakannya sebagai tebusan.

7. Laporkan kejahatan cyber ke polisi dalam bidang cyber maupun polisi lokal jika anda telah terkena kejahatan cyber

Tags:
author