Tips Mencegah Pencuri Rumah Kosong Saat Mudik Lebaran

53 views

NTMC POLRI – Bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman perlu memerhatikan tips untuk meninggakan rumah tanpa cemas.

Soalnya, rumah kosong kerap menjadi incaran pencuri. Di satu sisi, tentu penghuni tak mungkin membawa semua hartanya saat mudik.

Sejumlah tips bisa dilakukan untuk mencegah ‘tamu tak diundang’ alias pencuri. Di antaranya:

  1. Pasang sensor cahaya pada lampu yang ada di ruang terbuka, misalnya teras atau taman. Dengan cara ini, saat gelap maka lampu kan menyala dan lampu menjadi mati ketika terang benderang.
  2. Letakkan setidaknya dua pasang sandal atau sepatu di depan pintu. Biarkan sepatu atas sandal itu dalam posisi tak tersusun rapi hingga terkesan ada penghuni yang masuk terburu-buru.
  3. Pasang CCTV dan letakkan kameranya tersembunyi hingga tak mudah terlihat dari luar rumah.
  4. Jangan tinggalkan harta bernilai tinggi. Kalaupun terpaksa, letakkan di tempat yang tak biasa. Misalnya perhiasan emas diletakkan di rak buku atau di antara bumbu dapur. Tentu ini setelah perhiasan itu dibungkus rapi ya.
  5. Pasang alarm dan kunci ganda kendaraan yang terpaksa tak dibawa saat mudik.

Jangan lupa, pamit pada tetangga, Pak RT dan petugas keamanan setempat. Informasikan tujuan mudik, waktu mudik serta nomor telepon yang bisa dihubungi. Nah, selamat mudik tanpa was-was ya.

author