Tol Sumatera Mulai Beroperasi, Wakapolri Minta Personel Patroli Titik Rawan Kejahatan di Lampung

NTMC POLRI – Jalur tol Sumatera sudah bisa dilalui, sejumlah personel kepolisian diminta lakukan patroli pengamanan di sejumlah titik rawan kejahatan. Hal ini disampaikan Wakapori Komjen Ari Dono Sukmanto kepada personel kepolisian di Lampung agar memberi rasa aman kepada pemudik.

Ia mengatakan banyak pemudik yang akan menggunakan tol Trans Sumatera via jalur laut melalui Merak ke Bakauheni. Diperkirakan ada peningkatan 50 persen pengguna tol ini.

“Masyarakat ingin mencoba tol. Ada beberapa titik yang perlu dilakukan patroli titik rawan kejahatan,” kata Ari Dono.

Sebanyak 4.800 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan arus mudik di Lampung. Personel kepolisian juga disiapkan untuk membuat pos antibegal di area-area rawan terjadinya kejahatan.

Pelabuhan Bakauheni katanya harus bersiap menghadapi arus balik nanti. Personel polisi dan pemerintah daerah diminta memberikan pelayanan kepada para pemudik.

“Jangan sampai mungkin ada yang sakit sehingga tidak tertolong atau kemudian ada kerusakan kendaraan dan sebagainya,” ujarnya.

Untuk tempat istirahat, pemerintah daerah juga perlu memperhatikan ketersediaan rest area sepanjang jalur mudik. Klinik kesehatan dan pompa bensin harus sedia manakala ada pemudik dalam keadaan darurat.

author