Ujian Buat SIM Baru di Jakarta Bakal Terapkan e-Drive

NTMC POLRI – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mulai menyiapkan ujian praktik berbasis elektronik atau dinamakan electronic driving system (e-drive) bagi para pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) atau e-drive.

Nantinya saat ujian akan ada sebuah patok yang dipasang sensor. Di mana patok ini akan digunakan untuk ujian praktik mengemudi para pemohon SIM. Sensor terhubung dengan ruang kontrol. Jika pemohon menyentuh patok, maka sensor otomatis mengirim informasi pada petugas di ruang kontrol.

“Petugas akan mengetahui pengemudi yang menyentuh patok sehingga terjadi kesalahan,” kata Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar, Minggu 13 Oktober 2019.

Fahri mengatakan, sistem e-drive juga bisa menghitung kecepatan pengemudi ketika menjalani ujian praktik. Namun, Fahri mengaku belum bisa membeberkan lebih jauh lagi soal e-drive ini.

Sebab, program ini akan segera diluncurkan sebentar lagi. Maka dari itu dia menyebut kalau semuanya akan disampaikan gamblang saat peluncuran nanti.

Namun kapan persisnya peluncuran belum dibeberkan juga oleh dirinya. Dia menyebut persiapan sudah mendekati rampung dan diusahakan tahun ini diluncurkan. Sebelum nantinya diluncurkan secara resmi, pihaknya pun akan melakukan sosialisasi.

“Sebelum kita launching akan kita share(informasinya),” ungkapnya.

author