Upaya Preventif Perlu Dilakukan Guna Tekan Korban Fatalitas Laka Lantas

NTMCPOLRI – Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Ditlantas Polda Sumsel dengan mengangkat tema ‘Peran Masyarakat Dalam Rangka Menekan Korban Fatalitas Laka Lantas (Road Safety to Zero Accident), menghadirkan Prof. Nurhasan ISmail, S.H, M.Si Dosen Fakultas Hukum UGM sebagai narasumber.

Dalam paparannya, Prof Nurhasan menjelaskan, dalam rangka mencapai zero accident perlu adanya upaya-upaya preventif yang diutamakan. Yang pertama yakni perusahaan-perusahaa angkutan umum yang mana perlu memberikan pemahaman kepada pengemudinya tentang pelanggaran-pelanggaran, serta dari pihak perusahaan itu sendiri pun harus bertanggung jawab terhadap persyarat teknis dan kelaikan jalan dari kendaraan angkutan umum tersebut. ” Hal ini karena mereka memiliki peranan dalam mencegah terjadinya kecelakaan,” sambungnya.

“Yang kedua adalah masyarakat. Masyarakat perlu didik juga, terutama orang tua. Agar tidak membiarkan anak-anaknya yang masih dibawah umur dan belum punya SIM menggunakan kendaraan bermotornya. Karena bagaimana pun ada potensi besar ketika mereka mengendarai motor, karena emosinya belum stabil sehingga mengarah ke potensi kecelakaan,” ujar Prof Nurhasan.

Lalu selanjutnya adalah pemberdayaan masyarakat, yang perlu dilakukan adalah memasukkan program pencegahan lakalantas, kedalam kurikulum pendidikan, baik di sekolah dasar maupun di sekolah menengah keatas.

“Kemudian adalah penegakan hukum. Penegakan hukum perlu dilakukan dalam rangka mendidik masyarakat supaya kendaraan yang berpotensi mengalami laka lantas, seperti melampaui batas kecepataan, angkutan barang yang melebihi batas dimensi, itulah yang harus selalu diingatkan kepada para pengendara. Sehingga kita dapat mencegah terjadi laka lantas,” pungkasnya.

author