Wakapolri Minta PM Vietnam Ektradisi 8 WNI

101 views

NTMCPolri – Dalam kunjungannya ke Vietnam, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menemui Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan di Istana Vietnam. Kunjungan tersebut merupakan upaya proses ekstradisi delapan perompak WNI Kapal Orkim Harmony yang berlayar di pantai Barat Malaysia, Juni 2015 lalu. Sehingga mereka bisa menjalani proses hukum di Indonesia.

Ada beberapa hal yang dibicarakan Wakapolri dengan Perdana Menteri Vietnam. Diantaranya kerjasama Polri dengan Vietnam di bidang pencegahan dan penanggulangan kejahatan.

Dalam kesempatan itu Wakapolri Komjen Syafruddin juga bertemu Minister of Publik Security Vietnam, Mr To Lam, dan menyampaikan undangan agar To Lam hadir dalam pertemuan interpol di Bali.

“Selain membahas kerjasama, kita juga mengundang Mr. To Lam dalam sidang umum Interpol di Bali bulan November 2016 mendatang,” kata Syafruddin, Senin (26/9/2016).

Syafruddin didampingi oleh Karkorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto, Kadiv Teknologi Informasi Irjen Machfud Arifin, Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Amhar dan Sekretaris Pribadi Wakapolri AKBP YS Ujung.

Diketahui, pada 7 hingga 10 November 2016 nanti Indonesia akan menjadi tuan rumah acara sidang umum Interpol  di Bali ke 85. Pada acara tersebut akan hadir juga perwakilan dari 190 negara dengan jumlah delegasi mencapai lebih dari 2.000 orang. Sidang tersebut dinilai menjadi sidang kedua terbesar setelah Sidang Umum PBB yang digelar di New York, Amerika Serikat.